CPJ Laporkan Perkembangan Korban Jurnalis dalam Perang Israel-Gaza Palestina

CKP saat ini tengah melakukan penyelidikan terkait laporan jurnalis yang terluka.

Senin, 15 Januari 2024 | 18:09 WIB - Internasional
Penulis: - . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Gaza-  Committee to Protect Journalist (CPJ) atau Komite untuk Perlindungan Jurnalis melaporkan terkait jumlah Jurnalis yang menjadi korban dalam perang Israel-Gaza, Palestina.

Akibat peperangan tersebut telah banyak menimbulkan korban jiwa, terutama Jurnalis yang berdiri diri garda depan untuk memberikan informasi terbaru mengenai konflik tersebut sejak tanggal 7 Oktober lalu, saat hamas melancarkan perlawanan terhadap pasukan zionis Israel. 

BERITA TERKAIT:
CPJ Laporkan Perkembangan Korban Jurnalis dalam Perang Israel-Gaza Palestina


Saat ini, CPJ tengah menyelidiki semua laporan tentang Jurnalis dan pekerja media yang terluka, terbunuh, atau hilang dalam perang tersebut dan berusaha untuk memberikan informasai mengenai perkembangan korban para Jurnalis di tengah konflik tersebut. 

Pada tanggal 14 Januari 2024 laporan terbaru menyatakan, setidaknya terdapat 82 Jurnalis dan pekerja media tewas diantaranya, 75 warga Palestina, 4 warga Israel, 3 warga Lebanon. Lalu untuk Jurnalis lainnya, 16 terluka, 3 hilang, dan 25 ditangkap. 


Termasuk diantaranya lebih dari 24.000 orang yang terbunuh sejak perang dimulai pada 7 Oktober lalu. Selain itu, ditemukan juga lebih dari 23.000 warga Palestina tewas di Gaza dan Tepi Barat, sedangkan 1.200 tewas di Israel.


CPJ juga menyelidiki sejumlah laporan yang belum bisa mengonfirmasi terkait Jurnalis lain yang hilang, ditahan, dibunuh, diancam atau disakiti, dan tindakan perusakan kantor media dan rumah para Jurnalis.

“CPJ menekankan bahwa Jurnalis adalah warga sipil yang melakukan pekerjaan penting selama masa krisis dan tidak boleh menjadi sasaran pihak-pihak yang bertikai,” ujar Sherif Mansour, koordinator program CPJ di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Jurnalis di seluruh Kawasan melakukan pengorbanan besar untuk meliput konflik yang memilukan ini. Masyarakat di Gaza khususnya, telah menanggung dan terus menanggung kerugian yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menghadapi ancaman yang sangat besar. Banyak di antara mereka yang kehilangan rekan kerja, keluarga, dan fasilitas media, serta melarikan diri untuk mencari keselamatan ketika tidak ada tempat berlindung atau jalan keluar yang aman,” tambahnya.


Laporan daftar Jurnalis yang menjadi korban konflik Israel-Gaza dipublikasikan berdasarkan informasi yang diperoleh dari sumber CPJ di wilayah dan pemberitaan media yang mencakup semua Jurnalis yang tengah beraktivitas mengumpulkan berita.

Selanjutnya, CPJ telah memasukan korban ke dalam daftar catatan penyelidikan mereka dan selalu diperbarui secara berkala, mulai dari Jurnalis yang terbunuh, terluka, dan hilang.   

Sumber: cpj.org

Ditulis oleh wartawan magang KUASAKATACOM: Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #committee to protect jurnalism #jurnalis #terluka #palestina

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI