Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Pemkot Cirebon Tambah Destinasi Wisata Baru

Pemkot Cirebon menambah destinasi wisata baru berupa bangunan cagar budaya.

Minggu, 21 Januari 2024 | 13:27 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Cirebon - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat berupaya menambah kunjungan wisatawan ke daerah setempat pada 2024. Sebelumnya, Disbudpar Kota Cirebon melaporkan kunjungan wisatawan di daerahnya selama 2023 sudah menyentuh angka angka 3,5 juta.

Salah satu upaya Pemkot Cirebon untuk menarik wisatawan yakni dengan cara menyusun program untuk menambah destinasi wisata baru berupa bangunan cagar budaya yang difungsikan sebagai destinasi sejarah.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon Agus Sukmanjaya di Cirebon, Sabtu, mengatakan di tahun ini ada dua bangunan cagar budaya yang dikembangkan menjadi destinasi baru sehingga wisatawan memiliki banyak opsi untuk berwisata di kota tersebut.
 
Bangunan cagar budaya itu, kata Agus, salah satunya terletak di Jalan Pasuketan, Kota Cirebon, bernama Gedung British American Tobacco (BAT) yang dibangun pada 1924 dan pernah dipakai sebagai tempat produksi rokok putih selama zaman kolonial.
 
“Tahun ini bertepatan dengan 100 tahun usia Gedung BAT. Kita (Pemkot Cirebon) bisa mendukung operasionalnya,” ujarnya.
 
Ia menjelaskan konsep pariwisata yang dikembangkan pada bangunan bergaya “art deco” itu dengan memanfaatkan salah satu ruangan menjadi museum, kemudian menata area luarnya sebagai kawasan kuliner dan zona kreatif.
 
Pihaknya memastikan penerapan konsep tersebut, tidak akan menghilangkan kaidah-kaidah pelestarian cagar budaya.
 
“Itu bisa dikembangkan untuk wisata kuliner dengan rasa modern. Pemkot Cirebon memberikan terkait cagar budayanya sampai fasilitasi perizinan,” katanya.
 
Tidak hanya bangunan tersebut, lanjutnya, Disbudpar juga segera melakukan penataan terhadap Gedung Bundar di Kota Cirebon yang sudah ada sejak 1920-an. Gedung tersebut pernah dijadikan sebagai pos jaga oleh tentara Hindia-Belanda.
 
“Gedung Bundar (konsepnya) menjadi sentra kota pusaka atau museum tematik, yang dilengkapi dengan zona kreatif,” ungkapnya.
 
Agus menekankan Pemkot Cirebon tetap melestarikan bangunan-bangunan yang memiliki nilai sejarah, karena hal itu bisa dimanfaatkan guna menarik minat wisatawan supaya berkunjung ke Kota Cirebon.

BERITA TERKAIT:
Hotman Paris Turun Tangan Kasus Vina Cirebon, Duga Ada Polisi Usah BAP 
Bareskrim Polri Buru Tiga Pelaku Pembunuhan Vina di Cirebon
Bocah Cirebon Depresi HP Dijual Ibu untuk Penuhi Kebutuhan
Polda Jabar Ungkap Tiga Pembunuh Vina yang Buron Sejak 2016 Lalu 
Seorang Wanita Ditemukan Tewas dengan Tangan dan Kaki Terikat di Cirebon, Sudah Lima Hari Hilang

***

tags: #cirebon #objek wisata gunung bromo #sejarah #wisatawan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI