Gibran Sebut Potensi Energi Baru Terbarukan bisa Sampai 3686 Gigawatt

Potensinya bisa 3686 GW meliputi energi surya, air, angin, bio enegeri, panas bumi. Untuk itu kerjasama pentahelic harus didorong,"

Minggu, 21 Januari 2024 | 20:28 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Debat cawapres keempat Pilpres 2024 berlangsung Minggu malam (21/1). Debat keempat ini mengangkat tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. 

cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka menyatakan dukungannya untuk mengurangi energi fosil dengan transisi menuju energi hijau. Yaitu lewat biodiesel, bioavtur, dan bioethanol. Ia juga mendorong hilirisasi industri, dimana mengurangi pengiriman ekspor bahan mentah. 

BERITA TERKAIT:
Prabowo-Gibran Sah Jadi Presiden-Wakil Presiden 2024-2029 
Jokowi Anugerahi 15 Kepala Daerah Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Diantaranya Gibran dan Bobby 
Hari Ini Ditetapkan sebagai Wapres, Berapa Harta Gibran? 
KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Rabu Besok 24 April
MK Putuskan Pencapresan Gibran Tak Salahi Aturan dan Bukan Nepotisme, Warganet: Teruslah Bodoh Jangan Pintar

"Yang sudah dilakukan yaitu B35 dan B40. Potensi Energi Baru Terbarukan besar. Potensinya bisa 3686 GW meliputi energi surya, air, angin, bio enegeri, panas bumi. Untuk itu kerjasama pentahelic harus didorong," ungkap Gibran. 

Menurut Gibran jika agenda hilirisasi industri, transisi energi hijau, dan ekonomi kreatif dikawal akan ada 19 juta lapangan kerja untuk kaum muda. 5 juta diantaranya adalah green job," ungkapnya. 

Lebih lanjut Indonesia punya sumber SDA melimpah. Nikel Indonesia terbesar di dunia dan timah terbesar nomor dua. Untuk itu hilirisasi industri, hilirasi pertambangan, pertanian harus dilakukan. 
 

***

tags: #gibran rakabuming raka #cawapres #debat cawapres #pilpres #energi baru terbarukan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI