Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Kendal Gelar Roadshow Rekrutmen Tenaga Kerja

“Mudah-mudahan dengan adanya roadshow sosialisasi kepada masyarakat, bisa mendapatkan masyarakat yang memang menginginkan lapangan kerja.

Sabtu, 03 Februari 2024 | 15:40 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kendal - Percepatan penurunan angka pengangguran di Kabupaten Kendal terus dilakukan. Salah satunya, Roadshow Rekrutmen dan Pelatihan Siap Kerja Tahun 2024, yang digelar Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker), di Aula Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Kamis (1/2/2024).

Kepala Disperinaker Kendal, Cicik Sulastri menyampaikan, roadshow tersebut merupakan inovasi untuk mempercepat penurunan angka pengangguran di Kabupaten Kendal. Kali ini, pihaknya bekerja sama dengan PT Eclat dan Polaris.

BERITA TERKAIT:
Pemkab Kendal Gelar Job Fair untuk Tekan Angka Pengangguran 
Job Fair Blora 2024, Sediakan 8.336 Lowongan
Alhamdulillah, 53 Perusahaan di Temanggung Telah Beri THR Karyawannya
Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Kendal Gelar Roadshow Rekrutmen Tenaga Kerja
Ini yang Disampaikan Saat Kanim Wonosobo Gelar Rapat Tim Pora di Purworejo

Menurut Cicik, kegiatan rekrutmen dilakukan di lima eks-Kawedanan, yakni Kecamatan Kendal, Boja, Selokaton, Weleri, dan Kaliwungu. Sehingga, peluang kerja bagi masyarakat Kabupaten Kendal akan lebih merata.

Sementara, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyampaikan, pada hari itu memang ada penambahan lapangan pekerjaan yang cukup signifikan di Kawasan Industri Kendal (KIK). Untuk tenaga kerja yang dibutuhkan PT Eclat sekitar 4.500 orang, dan PT Polaris sekitar 350 orang.

Dilaksanakannya rekrutmen tersebut, imbuhnya, berkat kerja sama yang baik dengan para perusahaan di KIK, yang ditandai dengan MOU, sehingga, saling mendapatkan manfaatnya. Pemkab Kendal bisa membuka peluang kerja, dan pihak perusahaan bisa terfasilitasi support kebutuhan tenaga kerjanya.

“Mudah-mudahan dengan adanya roadshow sosialisasi kepada masyarakat, bisa mendapatkan masyarakat yang memang menginginkan lapangan kerja. Selain itu, kita bisa mapping untuk mengetahui sebenarnya ada berapa orang yang ingin mendapatkan lapangan pekerjaan, dan mengetahui background para pencari kerja bedasarkan umur, pendidikan, dan minatnya. Sehingga, ke depannya bisa memberikan pelatihan kompetensi sesuai dengan bidang dibutuhan perusahaan,” terang Bupati Kendal.

Sementara itu, Kepala HRD PT Eclat, Khoirudin menerangkan, perusahaannya bergerak di bidang tekstil PMA Taiwan, dan saat ini memang membutuhkan banyak tenaga kerja.

“Tahun 2024 ini kita membutuhkan ribuan karyawan untuk men-support produksi perusahaan, sehingga harapannya dengan roadshow rekrutmen bersama Pemerintah Kabupaten Kendal ini, nantinya banyak pelamar warga Kendal dan yang masuk di perusahaan kami,” ujar Khoirudin.

Ia juga mengungkapkan, gaji di PT Eclat hampir menyamai UMK Kota Semarang, menyediakan makan siang gratis, didaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan.

***

tags: #dinas perindustrian dan tenaga kerja #kabupaten kendal #pengangguran #bupati kendal dico m ganinduto

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI