Jasa Marga Catat Ada 367.321 Kendaraan Keluar Jabodetabek Saat Libur Panjang Imlek

Jasa Marga telah mengambil langkah-langkah preventif untuk mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas

Jumat, 09 Februari 2024 | 18:01 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat pergerakan kendaraan yang meninggalkan aglomerasi Jabodetabek. Pada periode libur Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek, tepatnya pada 7-8 Februari 2024, terdapat 367.321 kendaraan yang keluar dari wilayah Jabodetabek. Angka tersebut mencakup volume lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (menuju arah Merak), GT Ciawi (menuju arah Puncak), GT Cikampek Utama (menuju arah Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (menuju arah Bandung).

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menjelaskan bahwa total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini mengalami peningkatan sebesar 37,11 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal, yang mencapai 267.899 kendaraan.

BERITA TERKAIT:
Sebanyak 16 Ribu Kendaraan Kekurangan Saldo E-toll
Jasa Marga Operasikan Jalur Fungsional Japek II Selatan Sadeng- Kutanegara
Jasa Marga Operasionalkan 10 Gardu Tol, 7 Gardu Satelit dan 20 Mobile Reader
Jasa Marga Catat Ada 367.321 Kendaraan Keluar Jabodetabek Saat Libur Panjang Imlek
Jokowi Resmikan Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere

Dari total kendaraan yang bergerak, sebanyak 187.150 kendaraan atau 50,95 persen menuju arah Timur, seperti Trans Jawa dan Bandung. Sementara itu, 96.909 kendaraan atau 26,38 persen menuju arah Barat, seperti Pelabuhan Merak, dan 83.262 kendaraan atau 22,67 persen menuju arah Selatan, meliputi wilayah Puncak dan Bogor.

Lisye menegaskan bahwa Jasa Marga telah mengambil langkah-langkah preventif untuk mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas. Upaya tersebut bertujuan untuk menjamin keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas serta angkutan jalan dan penyeberangan. Selain itu, perusahaan juga berkomitmen untuk mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas di ruas jalan tol selama libur panjang.

“Kami siap mendukung pembatasan operasional angkutan barang yang telah diberlakukan mulai hari Rabu, 7 Februari 2024, pukul 16.00 waktu setempat, sampai dengan hari Minggu, 11 Februari 2024, pukul 24.00 waktu setempat di sejumlah ruas jalan tol Jasa Marga Group," ungkapnya.

***

tags: #pt jasa marga #imlek #kendaraan #jabodetabek

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI