Prabowo Diterpa Isu Korupsi Pembelian Jet Tempur untuk Dana Kampanye

Prabowo diberi uang tunai sebesar USD20 juta pertama dalam sebuah jet pribadi di bandara Doha.

Sabtu, 10 Februari 2024 | 00:27 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta – Menteri Pertahanan Repubik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto tengah diterpa isu melakukan tindak pidana korupsi pembelian 12 jet tempur Mirage 2000-5 dari Qatar seharga 792 juta US Dollar. Media asing Meta Nex menyebut, Prabowo mendapat potongan sebanyak  55,4 juta US Dollar atau 7 persen dari jumlah dana pembelian jet temput tersebut.

“Mereka (Qatar) tahu bahwa Prabowo tertarik untuk kembali mencalonkan diri sebagai presiden. Jadi ketika dia mengunjungi Doha pada Januari 2023, mereka menawarinya Mirage beserta potongan 7 persen dari kesepakatan untuk mendanai kampanye pemilunya,” demikian keterangan Meta Nex seperti dikutip, Sabtu.

BERITA TERKAIT:
Penanganan Kasus Korupsi BTS Kominfo Dipastikan Tetap Berjalan
Prabowo Diterpa Isu Korupsi Pembelian Jet Tempur untuk Dana Kampanye
Eks Dirut Pertamina Segera Disidang terkait Kasus Dugaan Korupsi Pembelian LNG
Pertanyaan Anak Muda Batang Bikin Ganjar Ingat Ngamuk di Jembatan Timbang
Jenazah Terpidana Kasus Korupsi Lukas Enembe bakal Dibawa ke Papua Hari Ini

Sumber yang sama menyebutkan, suap sebesar 7 persen itu menghasilkan USD 55,4 juta, lebih dari cukup untuk mendanai kampanye Prabowo.

“Menurut beberapa pengungkap fakta (whistleblower), Prabowo diberi uang tunai sebesar USD20 juta pertama dalam sebuah jet pribadi di bandara Doha,” sambung media asing itu.

Meta Nex menyebut, Anti korupsi Uni Eropa (UE) tengah melakukan penyelidikan terkait kasus dugaan korupsi tersebut.

Menanggapi isu tersebut, Yusril Ihza Mahendra menegaskan informasi terkait adanya investigasi dugaan korupsi dalam pembelian 12 pesawat tempur Mirage 2000-5 bekas dari Qatar adalah hoaks.

"Berita tersebut adalah hoaks terbesar yang dilakukan media asing jelang pencoblosan tanggal 14 Februari. Berita hoaks tersebut adalah sebuah pembusukan politik,” tegas Yusril.

Baca berita selengkapnya di sini: https://www.msn.com/en-us/news/other/indonesia-prabowo-subianto-eu-corruption-investigation/ar-BB1i0l2x

***

tags: #korupsi #prabowo subianto #jet tempur #qatar #yusril ihza mahendra

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI