Raja Charles III Idap Penyakit Kanker, Seusai Sebelumnya Alami Pembesaran Prostat

Sampai sekarang belum diketahui jenis kanker yang dialami raja Charles.

Sabtu, 10 Februari 2024 | 21:26 WIB - Internasional
Penulis: - . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, London - Istana Buckingham, Inggris baru saja menginformasikan bahwa, pemimpin negaranya, Raja Charles III mengidap penyakit kanker. Seusai sebelumnya, mengalami pembesaran prostat pada bulan Januari lalu.

Sampai sekarang, belum diketahui jenis kanker yang dialami raja tersebut, namun yang jelas Istana Buckingham telah mengonfirmasi bukan jenis kenker prostat

BERITA TERKAIT:
Kate Middleton Umumkan Idap Kanker: Kami Butuh Privasi
Raja Charles III Idap Penyakit Kanker, Seusai Sebelumnya Alami Pembesaran Prostat
Pangeran William Dapat Tugas Baru usai Gantikan Raja Charles III yang Terdiagnosis Kanker
Kemenkes Punya Target Tiap Provinsi Miliki RS Khusus Tangani Kanker
Pemeran 'Si Manis Jembatan Ancol' Kiki Fatmala Meninggal Dunia, Pemakaman Digelar Tertutup

Kepastian tersebut didapat setelah raja berusia 75 itu menjalani pengobatan di Klinik London karena pembesaran prostat jinak.

Dikutip dari sumber berita The Guardian, Selasa (6/2), dokter klinik London memberikan saran kepada raja untuk tidak terlalu banyak beraktifitas diruang publik.

“Selama prosedur yang dilakukan raja di rumah sakit baru-baru ini untuk pembesaran prostat jinak, ada masalah terpisah yang menjadi perhatian. Tes diagnostik selanjutnya telah mengidentifikasi suatu bentuk kanker. Yang mulia ini telah memulai jadwal perawatan rutin, selama yang saat itu dia telah disarankan oleh dokter untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan publik,” ujar istana.


Pada Senin (5/2) pagi, dikabarkan raja telah memulai pengobatan rawat jalan secara rutin setelah kembali ke London dari Sandringham, hal itulah yang membuat dia terpaksa menunda pertemuan dengan publik. Namun, dia tetap menjadi kepala negara dalam urusan administrasi, kotak merah, dan pertemuan pribadi.


Selanjutnya, secara terang-terangan kepada putra, ketiga saudara kandung, putri kerajan mengenai diaknosis kanker yang dialaminya. 

Adapun Pangeran Harry yang akan datang ke Inggris untuk membicarakan mengenai penyakit kanker yang diderita ayahnya kedepannya.

“Sepanjang periode ini, Yang Mulia akan terus menjalankan urusan negara dan urusan resmi seperti biasa. Raja berterima kasih kepada tim medis atas intervensi cepat mereka, yang dimungkinkan berkat prosedur rumah sakit baru-baru ini dan berharap bisa segera kembali ke tugas publik sesegera mungkin,”


Kemudian, raja belum memberi tahu rencana penggantian dirinya untuk sementara waktu sebagai pemimpin negara, termasuk Ratu Camilla, Pangeran William, Putri Anne. Namun untuk Pangeran Harry dan Pangeran Andrew tidak dipanggil sebab sudah bukan lagi pangeran.

Meskipun telah dinyatakan kanker, raja tetap berusaha untuk menghadiri pertemuan bersama dewan penasihat, namun secara detail rencana pertemuan nanti masih dibahas. 
Dalam bahasan tersebut, diharapkan ada jadwal pertemuan raja dengan beberapa audien,salah satunya perdana mentri. 

Apabila dokter memberikan nasihat kepadanya untuk mengurangi aktivitas publik.

*Ditulis oleh wartawan magang KUASAKATACOM: Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #kanker #raja charles iii #prostat #istana buckingham

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI