Puluhan Siswa di Sragen Diduga Keracunan usai Makan Kudapan

Ada dua jenis makanan yang ada di dalam kudapan tersebut.

Selasa, 13 Februari 2024 | 14:20 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Sragen - Sebanyak 59  siswa dan sejumlah guru di SMK Muhammadiyah 3 Sragen diduga keracunan usai makan kudapan di salah satu acara sekolah. Adapun para siswa dan sejumlah guru merasa mual dan pusing.

"Kronologinya kami dapat laporan sekitar jam 10:30 atau jam 11:00 WIB bahwa ada kejadian diduga keracunan makanan pada acara peringatan Isra Mi'raj di SMK Muhammadiyah 3," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen Udayanti Proborini di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Senin.

BERITA TERKAIT:
Puluhan Warga Jember Keracunan Makanan, Polisi Lakukan Penyelidikan
Diduga Keracunan Makanan, Puluhan Warga Jember Dilarikan ke UGD Puskesmas
Diduga Keracunan Makanan, Puluhan Pelajar Alami Mual hingga Sesak Nafas
Puluhan Siswa di Sragen Diduga Keracunan usai Makan Kudapan
Keracunan Nasi Goreng, Puluhan Santri di Batang Dilarikan ke RS dan Puskesmas

Udayanti mengatakan ada beberapa anak yang mengalami mual, muntah, dan pusing usai makan kudapan yang disajikan di acara tersebut.

"Kemudian dilakukan tindakan dengan dibawa ke puskesmas dan ke rumah sakit terdekat. Rumah sakitnya kebetulan di RSUD Suratno dan RS Assalam," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan hingga sore tadi untuk pasien yang sempat dilarikan di RSUD Suratno seluruhnya menjalani rawat jalan usai dilakukan observasi.

"Sedangkan yang dirawat di Assalam ada satu. Namun kondisinya sudah membaik semua," sambungnya.

Sementara itu, pihaknya sudah menindaklanjuti kasus dugaan keracunan massal tersebut dengan melakukan penyelidikan epidemiologi.

"Kami melakukan penanganan ke pasien, ambil sampel makanan dan air. Air kami periksakan ke Labkesda, makanannya kami periksakan ke laboratorium kesehatan Provinsi Jateng," katanya.

Ia mengatakan ada dua jenis makanan yang ada di dalam kudapan tersebut, yakni arem-arem dan roti.

"Kemungkinan di arem-aremnya karena sebagian besar ditemukan keluhan setelah makan arem-arem. Setelah kejadian itu, ada yang mual dan muntah. Kami sampai sana acara sudah selesai," tukasnya.

***

tags: #keracunan #siswa #sragen

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI