Ganjar Respon Hasil Quick Count: Kita Lebih Percaya Hitungan KPU

Ganjar lebih memilih mempercayai hasil resmi yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Rabu, 14 Februari 2024 | 20:09 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengungkapkan ketidakpercayaannya terhadap hasil perhitungan cepat atau quick count. Ganjar lebih memilih mempercayai hasil resmi yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pemilihan presiden (pilpres) di Indonesia telah dilakukan secara serentak pada Rabu (14/2/2024).

Dari sejumlah hasil perhitungan cepat yang dirilis oleh berbagai lembaga survei, pasangan Ganjar-Mahfud tercatat mendapatkan suara terendah. Sementara itu, pasangan Anies-Muhaimin menempati posisi kedua, dan pasangan Prabowo-Gibran memimpin dengan perolehan suara terbanyak.

BERITA TERKAIT:
Ganjar Respon Hasil Quick Count: Kita Lebih Percaya Hitungan KPU
Pemilu bareng Momen Valentine, Alam Ajak Warga Nyoblos Sebagai Bentuk Rasa Cinta
Ganjar: Pemimpin Tidak Perlu Diteriaki, Pemimpin Harus Rasakan Penderitaan Rakyat
Ganjar Soal Intimidasi Polisi ke Rektor Unika; Jangan Rusak Bhayangkara Kita
Pilpres Semakin Dekat, Ganjar Mandatkan Pendukung Disiplin Turun ke Rakyat

Ganjar Pranowo memberikan tanggapan terhadap hasil quick count tersebut, merujuk pada temuan pelanggaran seperti surat suara yang sudah dicoblos dan adanya warga yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya.

"Setiap temuan, bukan hanya masalah jumlahnya, tetapi juga signifikansinya. Kami menemukan banyak pelanggaran yang sangat signifikan yang dapat menggerus integritas pemilu. Sebagai contoh, di Madura, terdapat laporan bahwa satu desa menerima panggilan nyoblos dan kertas suara sudah dicoblos untuk 02. Kami akan melakukan investigasi, dan dari London, kami mendapatkan laporan bahwa banyak warga negara yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya. Hal-hal semacam ini akan kita periksa," ujar Ganjar Pranowo di Posko Teuku Umar pada Rabu (14/2/2024).

"Kami tidak ingin melibatkan semua pihak, tetapi pada waktunya, kita akan menegakkannya. Kami tidak percaya pada exit poll, tetapi kami mempercayai hasil penghitungan manual KPU, meskipun membutuhkan waktu hingga satu bulan. Namun, tanggal 24 Mei akan keluar hasil penghitungan manual dari KPU," tambahnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo berencana untuk kembali pulang ke rumahnya. Namun, ia akan menghadiri satu tempat jika mendapatkan pemberitahuan.

"Saya akan pulang ke rumah terlebih dahulu, dan saya akan menuju posko saya. Hari ini sudah selesai, kecuali jika ada pemberitahuan tentang agenda lain," katanya.

***

tags: #capres #ganjar pranowo #quick count

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI