Viral di TikTok Prabowo-Gibran Raih 560 Ribu Suara di TPS Toroh Grobogan, Ternyata Hoaks! Begini Faktanya 

Mereka menegaskan bahwa video yang menyatakan adanya manipulasi suara bagi Pasangan Capres 02 adalah tidak benar alias hoaks. 

Jumat, 16 Februari 2024 | 13:11 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Berita viral di media sosial mengenai dugaan manipulasi suara dalam real count KPU di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kenteng, TPS://kuasakata.com/berita/tags/grobogan'>Grobogan.

Dalam video yang beredar, terlihat adanya dugaan manipulasi suara saat Prabowo-Gibran menerima lebih dari 560 ribu suara di Jawa Tengah pada Pilpres 2024, hanya dari satu TPS

BERITA TERKAIT:
Viral di TikTok Prabowo-Gibran Raih 560 Ribu Suara di TPS Toroh Grobogan, Ternyata Hoaks! Begini Faktanya 
Viral Mantan Presiden AS Donald Trump Sebut 70 Juta Pengungsi Rohingya akan ke Indonesia 
Agustina Wilujeng Pahamkan Gen Z Pentingnya Menjadi Penjernih Informasi di Tahun Politik
CV Kiki MasterChef Hoaks Bikin Heboh! Warganet Ungkap Ternyata Disebar oleh Teman Chef Arnold  
Bawaslu Perintahkan Jajarannya Laporkan Akun Bermasalah dalam Pemilu ke Kominfo

Hal ini mencolok karena KPU sendiri menyatakan bahwa surat suara untuk satu TPS tidak boleh melebihi 306 suara, sesuai dengan batasan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di setiap TPS.

Kejadian ini dilaporkan terjadi di halaman hitung wilayah Kenteng, Toroh, TPS://kuasakata.com/berita/tags/grobogan'>Grobogan, Jawa Tengah. Dalam video yang viral, disebutkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan persentase 96%, khususnya di TPS 002, di mana mereka diklaim memperoleh total 561.100 suara. Sementara itu, pasangan Anies-Muhaimin hanya mendapat 8 suara, dan pasangan Ganjar-Mahfud dengan total 69 suara.

Sebagai respons terhadap video yang menyebar luas, penyelenggara pemilu di wilayah Kenteng memberikan klarifikasi melalui sebuah video di akun TikTok @kafeell pada Kamis (15/2).

"Kami dari PPS, Sekretariat PPS, Anggota KPPS-PPS 002, Betugas Kesetipan, dan Pengawas Desa beserta PTPS-PPS 2002 Desa Kenteng," ungkap klarifikasi mereka.

Mereka menegaskan bahwa video yang menyatakan adanya manipulasi suara bagi Pasangan Capres 02 adalah tidak benar alias hoaks. 

"Klarifikasi ini menerangkan bahwa video yang beredar di media sosial TikTok mengenai perolehan suara Pilpres pasangan capres nomor urut 02 sebanyak 561.100 adalah palsu atau tidak benar," tambahnya.

Dalam klarifikasi tersebut, hasil sebenarnya dari TPS 002 di wilayah Kenteng diungkapkan. 

Pasangan Capres 02 hanya memperoleh 110 suara, sementara Paslon 01 mendapat 8 suara, dan Paslon 03 memperoleh 69 suara.

***

tags: #hoax #grobogan #tps #prabowo-gibran #manipulasi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI