Nana Sudjana Nilai Pemilu di Jateng Kondusif, Partisipasi Pemilih Capai 82,5 Persen

ASN diminta tetap fokus melayani warga.

Senin, 19 Februari 2024 | 12:58 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menilai penyelenggaraan pemilu 2024 di wilayah Jateng berjalan secara kondusif. Bahkan, partisipasi pemilihnya mencapai 82,5 persen. Meski begitu, Nana meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Jateng, untuk terus memantau dan mewaspadai perkembangan politik, sosial, dan ekonomi pasca tahapan pemungutan dan penghitungan suara. 

"Saya minta semuanya terus memantau dan mengikuti perkembangan atau kegiatan di masyarakat. Masih ada dampak pemilu yang harus kita waspadai. Jangan sampai masyarakat resah," ucap Nana saat memimpin apel pagi di Halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (19/2/2024).

BERITA TERKAIT:
60 ASN di Lingkungan Pemkab Brebes Memasuki Pensiun
Pj Bupati Jepara Ambil Sumpah dan Serahkan SK Ribuan ASN
Pascalebaran, Pemkab Sragen Gelar Halal Bi Halal di Halaman Setda Sragen
Masuk Kerja Usai Lebaran, Pj Bupati Jepara: Siap Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat
Empat ASN Daftar Jadi Kepala Satpol PP Kota Semarang, Dua Diantaranya Orang Lama

Ia menambahkan masih akan ada pemilu susulan yang akan diselenggarakan di 114 tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Ratusan TPS tersebut musti dilakukan pemilu susulan lantaran terdampak bencana banjir beberapa waktu lalu. 

KPU Kabupaten Demak menjadwalkan sebanyak 27.669 pemilih di lokasi tersebut akan mengikuti pemilu susulan pada tanggal 24 Februari 2024. "Kepala Kesbangpolinmas dan Plt Kasatpol PP agar ikut mengawal bersama TNI, Polri, dan Pemda setempat. Jangan sampai ada masalah lain muncul dari pemilu ulang tersebut," ujar Nana. 

Pada Minggu, 18 Februari 2024 lalu juga telah selesai diselenggarakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 26 TPS di 13 kabupaten/kota di Jawa Tengah. 

Dalam kesempatan itu, Nana juga kembali menegaskan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kerjanya untuk tetap fokus melayani dan menyejahterakan masyarakat sesuai bidang masing-masing. 

Menurut dia, ada tiga hal yang terus menjadi perhatian; yaitu angka kemiskinan, inflasi, dan kesehatan masyarakat.

Terkait kemiskinan dan kemiskinan ekstrem memang terlihat ada progres selama satu tahun lalu. Namun itu perlu lebih ditingkatkan lagi mengingat target untuk kemiskinan ekstrem pada tahun 2024 harus 0 persen.

"Kemiskinan kita saat ini masih 10,77 persen. Kemiskinan ekstrem turun dari 1,9 persen menjadi 1,1 persen. Tahun ini harus mampu mengurangi angka kemiskinan. Kita harus lakukan langkah konkret untuk mencapai target," katanya. 

***

tags: #aparatur sipil negara #pemprov jateng #pemerintah provinsi jawa tengah #nana sudjana #tempat pemungutan suara

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI