TPID Sleman Gelar Pasar Murah untuk Stabilkan Harga Beras

Pasar murah Semar Mesem ini terbuka untuk masyarakat umum.

Selasa, 20 Februari 2024 | 04:09 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Sleman - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar pasar murah yang dikemas dengan nama "Sembako Murah Menyenangkan Seluruh Masyarakat (Semar Mesem). Kegiatan pasar murah ini dimaksudkan untuk menstabilkan harga beras yang akhir-akhir ini menunjukkan kenaikan.

 Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman Mae Rusmi Suryaningsih menerangkan, hasil pemantauan harga yang dilakukan TPID Sleman pada periode pekan pertama Februari 2024 terdapat kenaikan harga yang cukup signifikan pada komoditas pangan khususnya beras.

BERITA TERKAIT:
Bantu Kebutuhan Masyarakat Jelang Lebaran, Pemkab Sragen Gelar Bazar Pangan Murah
Alfamart Ramaikan Bazar Ramadan dan Gerakan Pangan Murah di Balai Kota Semarang
Alfamart Berpartisipasi di Pasar Murah Brebes
Pekan Depan Pemkab Cilacap akan Adakan Pasar Murah di Desa Kuripan Kidul
Pemprov Jateng Kembali Galakkan Pasar Murah untuk Stabilkan Harga Pangan Jelang Lebaran

"Menindaklanjuti hasil pemantauan tersebut, TPID Kabupaten Sleman dengan semboyan "Sembada Setiaji" atau Sesarengan Nyembadani Semangat Njagi Inflasi melakukan stabilitas harga pangan melalui kegiatan Semar Mesem," ujarnya, Senin.

Dijelaskan Mae, agenda Semar Mesem tahap I tahun 2024 dengan tema 'Semar Mesem Berase Murah' dilaksanakan bekerja sama dengan gabungan kelompok tani, Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar), Perum Bulog Yogyakarta, pelaku usaha beras dan pelaku usaha minyak goreng.

"Semar Mesem tahap I ini akan dilaksanakan di empat kapanewon (kecamatan) dengan delapan komoditas yaitu beras premium, beras medium, beras SPHP, telur ayam, gula pasir, tepung terigu, tepung beras dan minyak goreng," terangnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pasar murah Semar Mesem ini terbuka untuk masyarakat umum dengan ketentuan pembeli harus ber-KTP Sleman. Satu orang pembeli hanya dapat menunjukkan satu KTP.

"Kemudian, pembelian beras SPHP dibatasi maksimal lima kilogram per orang, pembelian beras non-SPHP maksimal 10 kilogram per orang, pembelian gula maksimal dua kilogram/orang dan pembelian telur maksimal dua kilogram per orang," sambungnya.

"Agenda pasar murah Semar Mesem akan dilaksanakan di lapangan Tridadi Mlati pada 21 Februari 2024, di lapangan TGP Margoluwih Seyegan pada 22 Februari 2024," katanya.

Selanjutnya, kata dia, pasar murah di lapangan Donokerto Turi pada 26 Februari 2024 dan di lapangan Raden Ronggo Kalasan pada 27 Februari 2024.

***

tags: #pasar murah #beras #sleman #tim pengendali inflasi daerah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI