Ekonomi Israel Anjlok 19,4 Persen karena Perangi Palestina 

Investasi tetap di sektor usaha turun 67,8 persen karena pembangunan sektor perumahan terhenti.

Selasa, 20 Februari 2024 | 12:43 WIB - Internasional
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Israel - Biro Pusat Statistik Israel melaporkan bahwa ekonomi Israel mengalami anjlok sebesar 19,4 persen secara tahunan pada kuartal IV-2024, yang merupakan penurunan pertama dalam hampir dua tahun terakhir. 

Faktor utama yang menyebabkannya adalah perang dengan Hamas. Pada kuartal III-2024, ekonomi Israel masih tumbuh 1,8 persen, tetapi penurunan ini terutama dipicu oleh penurunan konsumsi swasta sebesar 26,9 persen.

BERITA TERKAIT:
Norwegia Siap-siap Akui Kemerdekaan Palestina
Selama Idul Fitri 1445 Hijriah, Israel Tangkap 50 Warga Palestina di Tepi Barat
Indonesia Kembali Kirim Bantuan Kemanusian untuk Palestina dan Sudan Senilai Rp30 Miliar
1,1 Juta Warga Palestina Hadapi Kerawanan Pangan Ekstrem
Serangan Israel Hancurkan 212 Sekolah di Gaza

Investasi tetap di sektor usaha turun 67,8 persen karena pembangunan sektor perumahan terhenti. Ekspor Israel juga mengalami penurunan sebesar 18,3 persen. Ekonom Liam Peach dari Capital Economics menyatakan bahwa pemulihan diperkirakan akan terjadi pada kuartal pertama 2024, dan pertumbuhan PDB untuk tahun 2024 secara keseluruhan diperkirakan akan menjadi salah satu tingkat terlemah yang pernah tercatat.

Bank of Israel memproyeksikan kerugian ekonomi Israel sekitar 70 miliar dolar AS pada akhir 2025, setara dengan 13 persen PDB, akibat konflik yang berkepanjangan. Proyeksi pertumbuhan ekonomi 2024 juga dipangkas menjadi 2 persen dari sebelumnya 3 persen. Lembaga penilaian kredit Moody's menurunkan peringkat kredit Israel akibat meningkatnya risiko politik dan memburuknya keuangan publik akibat perang.

Sebelum perang, ekonomi Israel terbilang kuat dengan pertumbuhan mencapai 6,5 persen pada 2022, dan rasio utang pemerintah terhadap PDB turun ke level 61 persen. Namun, konflik tersebut menguji kekuatan perekonomian dan memberikan beban keuangan pada pemerintah, terutama selama pandemi yang membuat rasio utang pemerintah Israel naik menjadi 71 persen.

***

tags: #palestina #israel #ekonomi #hamas

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI