Pemprov Jateng Terus Dorong Percepatan Realisasi Pembangunan Pelabuhan Kendal

Keberadaan pelabuhan di KIK, menurut Sumarno akan semakin menarik minat investor asing maupun domestik untuk menanamkan modalnya di Jateng.

Selasa, 20 Februari 2024 | 23:37 WIB - Ekonomi
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang– Pemerintah pusat terus didorong Pemprov Jawa Tengah untuk merealisasikan pembangunan pelabuhan niaga di Kawasan Industri Kendal (KIK). Keberadaan pelabuhan itu dinilai penting, karena untuk menggenjot perdagangan di Jateng. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno di sela pembukaan rapat kerja Kementerian Perdagangan di Hotel Padma, Kota Semarang, Selasa (20/2/2024).

"Karena itu menjadi pintu yang sangat strategis untuk meningkatkan perdagangan dari Jateng ke luar negeri," ucap Sumarno.

BERITA TERKAIT:
Sumarno Lepas 10 Atlet Bertalenta Khusus Asal Jateng Wakili Indonesia Berlaga di Bangladesh
Gelar Open House, Sumarno Wadahi Warga Jateng untuk Saling Silaturahmi
Sumarno Sambut Kedatangan Ribuan Warganya yang Mudik Gratis Gunakan Kapal Dobonsolo
Antisipasi Kecelakaan, Pemprov Jateng Tingkatkan Pengawasan Ramp Check Angkutan Mudik Lebaran 
5.758 Anak di Blora Tak Sekolah, Kepsek Diminta Gencar Sosialisasi Beasiswa

Keberadaan pelabuhan di KIK, menurut Sumarno akan semakin menarik minat investor asing maupun domestik untuk menanamkan modalnya di Jateng. Selain itu, juga akan mampu meningkatkan perdagangan ekspor. Selama ini, sambungnya, alur perdagangan di Jateng harus melalui pelabuhan di luar provinsi Jateng. Meskipun barang yang akan dikirim ke luar negeri berasal dari Jateng, namun pintu keluarnya lewat Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Priok Jakarta. "Kalau keluarnya dari Pelabuhan Kendal, maka nilai perdagangnya akan di Jateng. Ini yang akan kita kejar," imbuhnya. 

Oleh karena itu, dikatakan Sumarno, pihaknya terus mendorong pemerintah pusat dan stakeholder terkait untuk segera merealisasikan pembangun pelabuhan di KIK. "Kita sudah ada arah ke sana untuk pembangunan pelabuhan. Itu yang kita harapkan supaya peningkatan perdagangan di Jateng semakin terasa,” kata dia. 

Pada kesempatan itu, Menteri Perdagangan Zulkifli mengatakan, saat ini pemerintah sedang memperluas jangkauan ekspor ke berbagai negara. Sejumlah negara yang menjadi tujuan ekspor itu seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, Eropa, Amerika Latin, Asia Timur, Afrika, hingga  Timur Tengah.

"Produk kita bagus-bagus, di Timur Tengah itu sudah bagus. Dahulu kalah telak dengan Vietnam dan Thailand, sekarang kita mulai membangun dengan makanan. Contoh sederhara seperti sayur, daging, ikan, kerupuk, dan sambal itu sudah mulai bersaing," katanya.

***

tags: #sekretaris daerah #sumarno #pelabuhan kendal #menteri perdagangan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI