Keunikan Dusun Malangbong di Bojonegoro, Kampung dengan Penduduk Mayoritas Perempuan  

Hal ini dipengaruhi oleh banyak penduduk laki-laki yang pergi merantau ke kota besar atau luar negeri.

Sabtu, 24 Februari 2024 | 12:10 WIB - Ragam
Penulis: - . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Bojonegoro - Sebuah Desa yaitu Desa Panjang, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki keunikan. Bagaimana tidak, bila berkunjung di salah satu dusunnya yaitu Dusun Malangbong akan cukup sulit menemukan pria. 

Desa ini agak terpencil di tengah hutan dan dikelilingi oleh pegunungan. Untuk menuju kantor kecamatan dari dusun tersebut harus menempuk jarak 13 kilometer. Dusun Malangbong dihuni hanya sekitar 60 kepala keluarga dengan mayoritas 90 persen penduduk adalah perempuan.

BERITA TERKAIT:
Mendagri Dorong Penguatan Desa, Ini Alasannya
Desa-desa di Kendal Ini Rawan Narkoba, Ini Kata BNN
Keunikan Dusun Malangbong di Bojonegoro, Kampung dengan Penduduk Mayoritas Perempuan  
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Beberkan Alasan Tak Segera Sahkan Revisi UU Desa
Jalan Antardesa di Rembang Diperbaiki Setelah 15 Tahun, Warga Langsung Syukuran

Hal ini dipengaruhi oleh banyak penduduk laki-laki yang pergi merantau ke kota besar atau luar negeri. Sementara penduduk laki-laki yang masih tinggal rata-rata telah berusia lanjut.

Kebanyakan penduduk Dusun Malangbong bermata pencaharian sebagai petani jagung atau peternak dengan memanfaatkan lahan di hutan untuk bercocok tanam.

Hidup di daerah terpencil memang tidak semudah yang dibayangkan. Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari mereka harus turun ke lereng pengunungan untuk mengambil dari sumber mata airnya langsung.

Meskipun mereka tinggal di pedalaman dengan berbagai tantangan, penduduk Dusun Malangbong tetap menjaga semangat dan kebersamaan.

Mereka menghadapi keterbatasan dengan sikap penuh keuletan dan keberanian sehingga dusun ini dapat dijadikan contoh untuk menerapkan hidup sederhana, walaupun lokasinya ada di tengah hutan Bojonegoro.

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #desa #bojonegoro #dusun malangbong

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI