Dua Mahasiswa Unpad Tewas Tersambar Petir Saat Kemah 

Beberapa orang juga berusaha melakukan cardiopulmonary resuscitation (CPR) sebagai pertolongan pertama kepada para korban. 

Minggu, 25 Februari 2024 | 23:40 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Bandung - mahasiswa Fakultas Teknik Geologi (FTG) Universitas Padjajaran (Unpad), Mitzelion Rayi Adimastya Putra (Mitzel) angkatan 2021, dan Bangkit Alyuda Prasetyo (Bangkit) angkatan 2022, meninggal dunia setelah tersambar petir saat berkemah di Batu Kuda, Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), Jumat (23/2/2024) malam.

Menurut Azisya Chantika Marton, salah satu teman korban yang ikut dalam kegiatan tersebut, Mitzel dan teman-temannya tiba di Batu Kuda sekitar pukul 17.00 WIB. Setelah istirahat sejenak hingga pukul 18.00 WIB, hujan mulai turun ketika mereka akan mendirikan tenda. Khawatir dengan keselamatan mereka, korban dan rombongan memutuskan untuk turun ke area basecamp di bawah.

BERITA TERKAIT:
Unnes Tegaskan Tak Ada Mahasiswanya Terlibat Ferienjob
Unnes Buka Seleksi Mandiri Jalur Prestasi, Bentuk Pengakuan terhadap Talenta Kaum Muda
Peduli Lingkungan, Kampus Ini Gelar Buber dengan Takjil Bungkus Daun Pisang 
Mahasiswa Korban Magang di Jerman Terjerat Hutang Rp50 Juta, Dijanjikan Gaji Rp30 Juta Sebulan
Korban TPPO Modus Magang di Jerman Dipekerjakan Jadi Kuli

"Saat akan mengambil alat, petir menyambar hingga api unggun padam. Mitzel dan Bangkit sudah terbaring, sedangkan Adinda (teman korban) juga tiba-tiba teriak karena katanya kakinya terkena sambaran petir, jadi tidak bisa dirasakan," kata Azisya.

"Teman-teman yang selamat langsung mencari pertolongan ke bawah, dan di perjalanan bertemu dengan teman-teman yang akan naik atas," tambahnya.

Setelah sampai ke basecamp bawah, pihak setempat segera mengambil tandu untuk mengevakuasi para korban. Beberapa orang juga berusaha melakukan cardiopulmonary resuscitation (CPR) sebagai pertolongan pertama kepada para korban. 

Setelah evakuasi, ketiga korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit AMC, Cileunyi. Mitzel dan Bangkit dinyatakan meninggal dunia, sedangkan Adinda mendapatkan perawatan intensif.

Pihak Unpad, melalui Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad, Dandi Supriadi, menyampaikan duka cita yang mendalam untuk keluarga korban.

"Kami berduka mendalam atas meninggalnya dua mahasiswa tersebut," ujar Dandi, Sabtu (24/2/2024) petang.

"Mereka berkualitas. Kami sangat kehilangan dua mahasiswa tersebut," imbuhnya. 

Dandi mengungkapkan, kegiatan berkemah yang diikuti kedua korban bukan kegiatan resmi yang diselenggarakan oleh kampus.

"Kegiatan yang dilakukan korban adalah kegiatan pribadi, bukan kegiatan resmi kampus," ucap Dandi.

Dia menjelaskan, berdasarkan informasi yang diperolehnya, kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah mahasiswa FTG Unpad. Meski begitu, kata Dandi, dia belum mengetahui pasti terkait jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Jumlah pesertanya belum diketahui pasti, namun informasi yang diterima ada beberapa kelompok yang mengikuti kegiatan tersebut," pungkasnya.

***

tags: #mahasiswa #unpad #kemah #tersambar petir #bandung

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI