12 Sekolah Ini Menangi Lomba Student Presisi yang Diadakan Polresta Cilacap

Awaluddin berharap kedepannya Student Presisi Awards bisa terus dikembangkan mengingat pelajar merupakan harapan dan masa depan bangsa.

Senin, 04 Maret 2024 | 22:32 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Cilacap- Polresta Cilacap mengadakan Lomba Student Presisi Awards tingkat SLTA/sederajat yang dilaksanakan pada Juli hingga November 2023. Hal itu dilakukan dalam rangka menekan terjadinya kasus tawuran, bullying, geng motor dan kenakalan remaja lainnya di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Adapun penyerahan hadiah lomba tersebut dilaksanakan, Senin (04/03/2024) di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap.

BERITA TERKAIT:
PKBM Annisa Cilacap Kembali Gelar PKW dan Diikuti 40 Peserta Didik
Pj Bupati Cilacap Sampaikan Jawaban Terhadap Pandangan Umum Fraksi Tentang RPJPD 2025-2045
Seorang Pria Ditemukan Tewas usai Hilang di Hutan Rungkang Cilacap
Cegah Tipikor, Desa Purwodadi dan Bangunreja Canangkan sebagai Desa Antikorupsi
Pj Bupati Cilacap Berharap HARGANAS Jadi Momentum Bentuk Generasi Emas

Ketua penyelenggara lomba tersebut yang juga merupakan Kasat Binmas Polresta Cilacap, AKP Sitowati, menjelaskan, sasaran semula berjumlah 109 SLTA/sederajat yang ada di Kabupaten Cilacap. Namun, dari jumlah tersebut hanya 67 sekolah yang mengisi check list. 

Setelah proses penilaian check list, diperoleh 12 sekolah dengan nilai tertinggi, kemudian tim gabungan meninjau ke lapangan untuk melihat kesesuaian secara langsung kondisi sekolah dan siswa. “Kriteria penilaian ada 6 kategori, yaitu pengorganisasian, performa dan etika siswa, lingkungan sekolah, ketertiban sekolah, kenakalan siswa dalam 4 bulan terakhir, serta jumlah siswa berprestasi,” katanya.

Kasus bullying yang melibatkan pelajar di Kabupaten Cilacap tahun 2023 silam dijadikan salah satu acuan oleh KaPolresta Cilacap, Kombes Pol Ruruh Wicaksono, dalam mengadakan lomba yang pertama di Kabupaten Cilacap tersebut. Tak hanya antar fungsi dalam Polresta Cilacap, Student Presisi Awards juga melibatkan Pemerintah Daerah seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Satpol PP serta instansi terkait lainnya.

“Ini adalah salah satu bentuk kepedulian kita, karena perlu kerjasama dari semua pihak untuk menekan dan memberantas kenakalan remaja khususnya pada pelajar. Kedepannya, jika pada level SLTA/sederajat sudah mulai kondusif kami akan mengadakan Student Presisi Awards tingkat SLTP/sederajat”, ungkapnya.

Kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi penuh oleh Pj. Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri. Ia mengatakan lomba itu dinilai masih jarang dilakukan, padahal membawa dampak yang baik. 

Awaluddin berharap kedepannya Student Presisi Awards bisa terus dikembangkan mengingat pelajar merupakan harapan dan masa depan bangsa. “Ini salah satu bentuk preventif pencegahan yang luar biasa, dibuktikan dengan semakin berkurangnya angka kasus kenakalan remaja di Kabupaten Cilacap. Semoga dengan prestasi yang diraih para pemenang dapat memotivasi generasi muda lainnya untuk menjadi pelajar yang disiplin, berprestasi dan berperilaku baik,” pungkasnya.

Adapun juara 1 Student Presisi Awards Tahun 2023 diraih oleh SMA Negeri 3 Cilacap, juara 2 diraih oleh SMK Negeri 1 Karangpucung, juara 3 diraih oleh MAN 1 Cilacap, juara harapan 1 diraih oleh SMA Negeri 1 Cilacap, juara harapan 2 diraih oleh SMK Negeri 1 Kawunganten, juara harapan 3 diraih oleh SMA Negeri 2 Cilacap, dan sekolah terinovatif diraih oleh PBKM Kecamatan Maos. Masing-masing pemenang memperoleh hadiah berupa piagam penghargaan, uang pendidikan dan laptop. 

***

tags: #kabupaten cilacap #polresta cilacap #bullying

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI