Ketua MUI Sebut Sidang Isbat Penting untuk Kepastian Waktu

Pernyataan Cholil tersebut menanggapi usulan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti.

Minggu, 10 Maret 2024 | 16:38 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta - Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis menanggapi usulan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti soal peniadaan sidang isbat karena menurutnya Idul Fitri akan berbarengan.

Terkait hal itu, Cholil menilai pelaksanaan sidang isbat penentuan bulan Hijriah penting untuk memberi kepastian waktu kepada masyarakat yang mengikuti keputusan pemerintah.
 
"Karena, kan, ada orang yang tidak ikut NU, tidak ikut Muhammadiyah, tidak ikut organisasi, yang dia menunggu dari pemerintah. Maka menunggu dari pemerintah sidang isbat itu penting," kata Cholil, Minggu.
 
Dijelaskan Cholil, sidang isbat merupakan syiar kepada umat Islam bahwa Ramadhan tiba. Pasalnya, Ramadhan menjadi bulan yang sangat ditunggu-tunggu.

BERITA TERKAIT:
Hari Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 1445 Hijriah
Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada 12 Maret 2024
Ketua MUI Sebut Sidang Isbat Penting untuk Kepastian Waktu
Sore Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah
Penetapan Awal Zulhijah 1444 Hijriah, Pemerintah Gelar Sidang Isbat pada 18 Juni 2023

Selain itu, sidang isbat juga menjadi tempat silaturahim antara ulama, legislatif, pakar astronomi, hingga perwakilan negara-negara sahabat.
 
"Tiga hal itu masih ada, sehingga saya menganggap sidang isbat masih penting," kata dia.
 
Perihal potensi perbedaan awal Ramadhan antara Pemerintah dan Muhammadiyah, ia mengajak agar perbedaan tersebut tidak mengurangi kekhusyukan ibadah.
 
"Jadikanlah ini sarana untuk belajar ilmu agama lebih dalam. Perbedaan itu adalah rahmat, bukan jadi malapetaka," katanya.

Di samping itu, ia mengajak umat untuk perbanyak amal shaleh. Dengan begitu, umat dapat mewujudkan Ramadhan yang berkualitas.
 
"Allah memberi kesempatan kita hidup di bulan Ramadhan ini dan bisa mengejar maghfirah pengampunan dari Allah. Di hari kiamat nanti kalau kita tidak diampuni mungkin dosa kita lebih banyak daripada pahala-pahala kita," kata dia.

***

tags: #sidang isbat #majelis ulama indonesia #cholil nafis

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI