Tarawih saat Nyepi, Muhammadiyah Bali Siapkan 21 Lokasi

Umat Muslim diminta berjalan kaki saat menuju lokasi sehingga tidak mengganggu proses penyepian bagi umat Hindu.

Minggu, 10 Maret 2024 | 17:08 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Denpasar - tarawih pertama Muhammadiyah beriringan dengan Hari Raya Nyepi yang jatuh 11 Maret besok. Dengan kondisi tersebut, Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bali Muhammad Saffaruddin mengatakan mereka sudah menyiapkan 21 lokasi.

Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bali itu menyebut jika umat Muslim ingin melakukan tarawih dapat berkoordinasi dengan kepala lingkungan setempat.

BERITA TERKAIT:
Tak Melulu Kompos, Ibu-ibu di Gianyar Bali Dilatih Olah Sampah Kulit Buah Jadi Camilan 
Rampas Truk Milik Warga di Bali, Seorang WNA Ditangkap Polisi
BBMKG Keluarkan Peringatan Dini Adanya Gelombang Tinggi di Jalur Penyeberangan Bali
Efek Perputaran Uang World Water Forum Tembus Rp1,5 Triliun
World Water Forum di Bali Jadi Perhatian Dunia, Siapa Sosok di Balik Kesuksesannya?  

Selain itu diminta berjalan kaki saat menuju lokasi, sehingga tidak mengganggu proses penyepian bagi Umat Hindu.

Hal serupa pada tahun sebelumnya juga diterapkan Muhammadiyah Bali, pengalaman ini dijadikan acuan agar keharmonisan kemBali berlangsung.

“Berkaca dari tahun kemarin ya bisa berjalan dengan baik, saya kira masing-masing umat beragama di negara kita sudah paham masalah saling menghormati, pasti sudah tanpa diperintah sudah saling menyadari,“ ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyebut lokasi salat tarawih itu tersebar di Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan, Gianyar, Buleleng, dan Klungkung, namun hanya masyarakat dengan alamat di sekitar yang diizinkan disana.

Saffaruddin menyebut, lokasi ini akan digunakan untuk hari pertama shalat tarawih malam nanti, ini tetap dibuka pada Hari Raya Nyepi tetapi mengikuti aturan yang disepakati seluruh pemuka agama.

“Ya tetap dibuka cuma untuk yang dekat-dekat, warga sekitar saja, yang jauh tidak boleh harus tetap di rumah masing-masing, mungkin agak jauh jaraknya dengan masjid dan mushola silahkan di rumah,” kata dia, Minggu.

Adapun di Denpasar lokasi shalat tarawih di Mushalla Gedung Dakwah PWM Bali, Mushalla Ahmad Dahlan, Mushalla Baitul Mukimin, Rumah Sosial Muhammadiyah Dentim, Mushola Syuhada Padang Indah, Mushalla Al Huda, Mushalla Ar-Rahman, Rumah Dakwah Muhammadiyah PDM, dan Mushalla Uswatun Hasanah.

Di Badung di Gedung PAUD Dalung, Gedung Dakwah PDM Badung, dan Rumah Joglo Mu; Tabanan di Mushalla Gedung Dakwah PDM Tabanan, Mushalla PCM Selemadeg Bajra, dan Mushalla PCM Bakisan.

Berikutnya di Gianyar dibuka di Mushalla Miftahul Janah; di Buleleng Masjid Al Manar dan Masjid At Taqwa; di Jembrana di Masjid An-Nur Muhammadiyah dan Masjid Ash-Shidiqiyah Sang Surya; di Klungkung di Masjid Al Hikmah.

***

tags: #bali #nyepi #muhammadiyah #tarawih #umat hindu

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI