KPU Umumkan Hasil Pemilu 2024 Setelah Buka Puasa 

"Mungkin kalau waktu (pengumuman) definitifinya kemungkinan pasca, kita ambil jeda sampai menjalankan ibadah puasa, ya waktu berbuka, semacam itu," ungkapnya. 

Rabu, 20 Maret 2024 | 14:57 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan untuk mengumumkan hasil rekapitulasi Pemilu 2024 malam ini setelah berbuka puasa, Rabu (20/3). Hal ini disampaikan Komisioner KPU August Mellaz. 

"Mungkin kalau waktu (pengumuman) definitifinya kemungkinan pasca, kita ambil jeda sampai menjalankan ibadah puasa, ya waktu berbuka, semacam itu," ungkapnya. 

BERITA TERKAIT:
Ketua KPU: Caleg Terpilih harus Mundur Jika Maju Pilkada 2024
358 Calon Anggota PPK Kabupaten Magelang Ikuti CAT
Prabowo-Gibran Sah Jadi Presiden-Wakil Presiden 2024-2029 
KPU Demak Buka Pendaftaran Anggota PPK untuk Pilkada 2024
5 Mei 2024, KPU Kota Semarang Buka Pendaftaran Cawalkot Jalur Perseorangan

Mellaz menuturkan, tersisa dua provinsi yang akan melakukan rekapitulasi suara pada hari ini, yakni Papua Pegunungan dan Papua. Menurut rencana, rekapitulasi akan dilakukan dalam satu panel, dimulai oleh Papua Pegunungan dan dilanjutkan Papua. 

"Sampai saat ini, tanggal 20 Maret 2024, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi tingkat nasional untuk 36 provinsi dari 38. Nah posisinya sekarang untuk provinsi Papua dan Papua Pegunungan sudah ada di kantor KPU," kata Mellaz. 

Ia menyebutkan, setelah rekapitulasi dua provinsi tersebut selesai, KPU membutuhkan waktu untuk mencermati dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebelum mengumumkan hasil Pemilu 2024.

Oleh karena itu, ia belum bisa memastikan kapan persisnya hasil pemilu akan diumumkan oleh KPU

"Sebenarnya dokumen-dokumen sudah kami periksa dan list dokumen sudah ada semua, tapi kita butuh juga tanda tangan segala macan," ujar Mellaz. 

Seperti diketahui, batas akhir pengumuman hasil Pemilu oleh KPU jatuh pada Rabu malam ini pukul 23.59 WIB. 

***

tags: #kpu #pemilu 2024 #berbuka puasa

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI