Empat Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Berdarah Semarang, Salah Satunya Jay Idzes

Jay Idzes telah resmi sebagai pemain naturalisasi terbaru yang diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia.

Rabu, 27 Maret 2024 | 17:41 WIB - Olahraga
Penulis: - . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Semarang - Timnas Indonesia banyak diisi oleh pemain naturalisasi. Diantara pemain-pemain tersebut, ternyata ada yang memiliki darah Semarang, Jawa Tengah. 

Siapa sajakah mereka? berikut 4 pemain naturalisasi Timnas Indonesia berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

BERITA TERKAIT:
Calvin Verdonk dan Jens Raven Sedang Proses Naturalisasi, Warganet Heboh 
Kemenkumham Jateng Ambil Sumpah WNA Calon Naturalisasi
Empat Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Berdarah Semarang, Salah Satunya Jay Idzes
Skuat Garuda Banyak Diisi Pemain “Naturalisasi”, Apa Sih Artinya?
Ragnar Oratmangoen, Winger Eredivisie Calon Naturalisasi Timnas Indonesia

1. Jay Idzes

Jay Idzes telah resmi sebagai pemain naturalisasi terbaru yang diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia. Bek berusia 23 tahun itu telah diambil sumpah pada akhir Desember 2023 lalu. 

Jay Idzes telah memulai debutnya sebagai pemain Timnas Indonesia dalam laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F pada bulan Maret. Ia berhasil membela Timnas Indonesia selama dua kali menghadapi Timnas Vietnam. 

Pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 21 Maret 2024. Lima hari berselang, ia bersama Skuad Garuda lainnya bertandang ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi dan berhasil menyumbang satu gol pada laga tersebut.

Diketahui, Jay Idzes lahir di Mierlo, Belanda, pada 2 Juni 2000. Darah Indonesia berasal dari kakeknya atau ayah dari ibunya yang lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada 16 November 1939. Ia memulai karier profesionalnya bersama FC Eindhoven pada 2018-2020. 

Setelah bermain 57 kali, ia hijrah ke Go Ahead Eagles dan mencatatkan 93 penampilan sebelum pindah ke Venezia. Selain itu, ia pemain Timnas Indonesia pertama yang merumput bersama di Liga Italia. Saat ini, Jay Idzes telah tampil sebelas kali untuk Venezia di musim ini. Dari jumlah itu, pemain berambut klimis ini sepuluh kali berlaga sebagai starter dan tidak tergantikan selama 90 menit. Selama berkarier ia ssempat mengalami sakit trombosis vena dengan mikro emboli paru pada Oktober 2023 yang memaksanya absen selama tiga bulan lebih hingga awal Februari 2024. Setelah menepi dalam 13 pertandingan, Jay Idzes kembali ke Venezia pada 3 Februari 2024. Dia bermain sebagai pengganti selama semenit ketika kalah dari Parma 1-2.

2. Nathan Tjoe-A-On 

pemain bernama lengjap Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On telah sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan siap memperkuat Timnas Indonesia. Nathan adalah pemain keturunan Indonesia-Belanda yang lahir di Rotterdam, Belanda, 22 Desember 2001. 

Nathan mempunyai darah Indonesia dari sang kakek (ayah dari ibu) yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Kakeknya sendiri lahir di Semarang, 22 Januari 1941. Kemudian Sang kakek pindah ke Belanda bersama ibunya setelah ayahnya meninggal dalam perang. Kakek Nathan menikahi wanita asal Belanda.

Karier sepak bola Nathan dimulai dari tim junior VV Nieuwerkerk dan Excelsior. Setelah membawa Excelsior promosi ke Eredivisie pada 2022, Nathan melakoni debut di kasta tertinggi Liga Belanda saat Excelsior mengalahkan SC Cambuur pada 12 Agustus 2022. Pada musim 2022/2023, Nathan bermain 29 kali di Eredivisie dan mencetak satu gol, yakni melawan FC Emmen pada 9 September 2022. Akibat permainan apiknya bersama Excelsior membuat mantan klub Premier League, Swansea City, terpincut. 

Klub asal Wales yang bermain di kasta kedua Liga Inggris, Championship, itu merekut Nathan pada 13 Agustus 2023 dengan kontrak tiga tahun. Sayang, Nathan gagal mendapat kepercayaan dari pelatih Michael Duff dan Alan Sheehan. Pelatih baru Swansea, Luke Williams, kemudian memutuskan untuk meminjamkan Nathan ke Heerenven pada 25 Januari 2024. Nathan bergabung bersama Thom Haye di Heerenveen.

Nathan Tjoe-A-On memulai karier sepak bola sebagai winger kiri. Tetapi, di karier profesionalnya bersama Excelsior di Eredivisie, Nathan bermain sebagai bek kiri. Nathan juga sempat bermain sebagai bek tengah. Bersama dengan Jay Idzes, ia sudah bisa melakoni debut bersama Timnas Indonesia saat melawan Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 21 Maret 2024 dan 26 Maret 2024 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam.

3. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama adalah salah seorang pemain sepak bola profesional kelahiran Belanda 11 Agustus 1998. pemain yang saat ini berusia 24 tahun itu sedang memperkuat Viking FK yang berlaga di kompetisi teratas liga Norwegia. Banyak yang kurang tahu jika Shayne Pattynama memiliki darah Indonesia dari garis sang ayah. 

Ayahnya merupakan pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah. pemain berdarah keturunan Indonesia itu mengaku sudah tidak sabar untuk membela Timnas Indonesia. Dalam sebuah laporan ada yang mengatakan jika keinginan Shayne Pattynama untuk berseragam Merah-Putih tak lepas dengan adanya wasiat dari sang ayah. 
Bermain di kasta tertinggi Liga Norwegia bersama Viking FK, Shayne Pattynama menempati posisi sebagai fullback kiri. Ia meniti kariernya dalam sepak bola sejak dia berseragam klub pemuda SV Lelystad '67, Ajax, dan FC Utrecht.

Sebelum bergabung dengan klub Viking FK pada tahun 2021, Shyane Pattynama lebih dulu berseragam klub Telstar pada tahun 2019 silam. pemain yang saat ini masih berusia 24 tahun itu sebenarnya tidak hanya bermain di posisi bek kiri, Shayne Pattynama juga bisa dipasang sebagai gelandang. Kepiawaiannya dalam mengolah si kulit bundar tak lepas dari kerja kerasnya saat menimba ilmu sepak bola di Ajax Amsterdam dan FC Utrecht.

4. Rafael Struick 

Rafael William Struick alias Rafael Struick meupakan pemain Timnas Indonesia yang lahir pada 27 Maret 2003 di Leidschendam, Belanda. Pesepakbola berusia 20 tahun ini lahir dari orang tua bernama Brian Struick dan Soraya Noraly Soedito. Kedua orang tua Rafael Struick berkewarganegaraan Belanda. Hanya saja mereka memiliki darah Indonesia. 

Ibu Rafael berdarah Jawa dan Suriname. Sementara, sang ayah memiliki ibu (nenek Rafael) yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Saat ini Rafael Struick berseragam ADO Den Haag sebagai penyerang sejak musim 2020. Dirinya juga sempat memperkuat dua klub amatir RKAVV dan Forum Sport. Jadi itu tadi 4 pemain naturalisasi Timnas Indonesia asal Semarang, Jawa Tengah.  Ayo dukung terus Timnas Indonesia.

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman


 

***

tags: #naturalisasi #timnas indonesia #semarang #pemain

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI