Lebaran, Kebutuhan Energi Warga Jawa Tengah akan Meningkat

Pertamina sudah menjamin stok gas 3Kg.

Rabu, 27 Maret 2024 | 22:07 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang -- Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Tengah (ESDM Jateng) memprediksi kebutuhan energi warga Jateng akan meningkat selama jelang, hari H lebaran dan beberapa hari pasca lebaran. Hal ini karena mobilitas dan kebutuhan warga juga akan meningkat. 

Adapun kebutuhan energi yang dimaksud yakni BBM Subsidi jenis Pertalite dan gas Elpiji 3 Kg. Pertalite dibutuhkan untuk mendukung kegiatan masyarakat diantaranya mudik, sedang gas dibutuhkan untuk memasak. 

BERITA TERKAIT:
Lebaran, Kebutuhan Energi Warga Jawa Tengah akan Meningkat
Tahun Baru 2024, Benarkah Tarif Listrik Naik? 
Ungkap Kasus Korupsi di Kementerian ESDM, KPK Sebut Ada 10 Tersangka
Kementerian ESDM Hibahkan 1.829 Lampu LED Hemat Listrik ke Pemprov Jateng
Pemerintah Bagi-bagi Rice Cooker Gratis, Biar Apa? 

"Jelang lebaran akan mengalami peningkatan kebutuhan pokok maupun energi. Di sektor energi, hasil komunikasi kami dengan Pertamina, akan ada peningkatan kebutuhan gas 3 kg sebesar 4,5 persen dibanding hari reguler. Kebutuhan Pertalite sudah dihitung Pertamina, akan meningkat 23 persen," kata Kepala Dinas ESDM Jateng Boedyo Dharmawan, di Semarang, Rabu (27/3). 

Sementara, kebutuhan BBM Biosolar diprediksi turun 9 persen dibanding hari reguler. Hal ini karena truk sumbu tiga dilarang operasi selama masa lebaran. 

"Kebutuhan Pertalite meningkat karena banyaknya pergerakan orang, apalagi kita ada budaya mudik," jelasnya. 

Dia menegaskan pihaknya bersama stakeholder terkait siap memastikan kehandalan pasokan energi tetap ada selama lebaran. Sehingga masyarakat tak perlu panik. 

"Pertamina sudah menjamin stok gas 3kg. Yang perlu kita jaga adalah distribusinya. Kita harus memikirkan dan menjaga distribusi. Karena pergerakan kendaraan selama lebaran meningkat. Stok aman," tandas dia.

***

tags: #esdm #jawa tengah #pertamina #gas

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI