Kemenkumham Jateng-BPIP RI Kuatkan Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Napi

ideologi Pancasila sangat penting untuk pembentukan karakter napi

Kamis, 28 Maret 2024 | 00:45 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Cilacap - Kanwil Kemenkumham Jateng bersama Badan Pembinaan ideologi Pancasila (BPIP) menguatkan nilai-nilai Pancasila kepada sejumlah napi di Lapas Kelas IIA Permisan, Nusakambangan, Cilacap, Rabu (27/03).

Melalui kegiatan Sosialisasi Penguatan Pembinaan ideologi Pancasila kepada napi, Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyampaikan terkait falsafah Pancasila

BERITA TERKAIT:
Komitmen Berantas Narkoba, Kanwil Kemenkumham Jateng Gelar Apel Siaga 3+1
Razia Gabungan, Gunting hingga Besi Ditemukan di Kamar Napi Lapas Semarang
Kemenkumham Jateng-BPIP RI Kuatkan Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Napi
65 Taruna Poltekip Laksanakan Penelitian di Permasyarakatan Jateng
Kemenkumham Jateng Gelar Sosialisasi Layanan Fidusia

"Mengapa harus patuh kepada Pancasila? Karena Revolusi yang menang itu yang memimpin. Pancasila mendapatkan pengakuan internasional," ujarnya.

Dalam paparannya, Kepala BPIP RI menekankan tentang pentingnya menjaga keutuhan ideologi Pancasila di tengah dinamika masyarakat yang semakin kompleks.

"Kita harus bersyukur karena tinggal di negara Pancasila yaitu Indonesia dengan kekayaan alamnya dan keberagamannya," tegas Yudian.

Ia berharap sosialisasi penguatan pembinaan ideologi Pancasila ini dapat memberikan pemahaman Pancasila sehingga saat napi keluar nanti pemahaman itu bisa diaktualisasikan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto mengungkapkan ideologi Pancasila sangat penting untuk pembentukan karakter napi.

"Dalam sistem Pemasyarakatan ada dua jenis pembinaan, yakni pembinaan kepribadian dan kemandirian. Dalam pembinaan kepribadian, ideoligi Pancasila sangat penting karena akan mengubah karakter seseorang dan ini merupakan salah satu instrumen penilaian tingkat risiko napi," jelas Tejo.

Usai memberikan penguatan, Kepala BPIP berkesempatan meresmikan Perpustakaan Pancasila Lapas Permisan ditandai dengan penandatanganan prasasti.
 
Perpustakaan Pancasila itu bisa dijadikan berbagai riset, peningkatan budaya literasi, sehingga mampu mengubah pribadi dan mencegah terjadinya penanggulangan kriminal.  

Tampak hadir dalam rangkaian kegiatan antara lain Deputi Bidang Hubungan Bidang Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP; Direktur Pembinaan Narapidana dan Anak Binaan Ditjen Pemasyarakatan; Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah; Kepala UPT se-Nusakambangan dan Cilacap beserta Pejabat Administrasi Kantor Wilayah.

***

tags: #kanwil kemenkumham jateng #bpip #ideologi #pancasila #napi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI