Rusak Dampak Banjir, Jalan Pantura Demak-Kudus Selesai H-10 Lebaran 

Mengenai penanganan dampak banjir ini, Komisi V DPR RI mengharapkan bahwa perbaikan jalan nasional tidak akan mengganggu arus mudik maupun balik Lebaran 2024. 

Sabtu, 30 Maret 2024 | 16:31 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kudus - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga menargetkan penanganan dampak banjir di ruas Simpang Tiga Trengguli-Batas Demak/Kudus selesai pada H-10 Lebaran 2024. 

Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Wida Nurfaida, menjelaskan bahwa kondisi jalan nasional setelah banjir di Demak/Kudus memerlukan perhatian khusus karena potensi dampaknya terhadap stabilitas jalan nasional di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

BERITA TERKAIT:
Menteri Basuki Nyatakan Jalur Pantura Demak-Kudus Siap Dilintasi Pemudik 
Pemudik Motor yang Lewat Jalur Pantura Brebes-Rembang akan Dikawal Polisi 
Ribuan Pemudik Mulai Melintas di Jalur Pantura Cirebon Hari Ini
Rusak Dampak Banjir, Jalan Pantura Demak-Kudus Selesai H-10 Lebaran 
Jalur Pantura Demak-Kudus Lumpuh, Pengguna Jalan Disarankan Lewati Jalan Alternatif Ini 

"Saat ini, tengah dilakukan upaya pembersihan dan perbaikan di Balai tersebut. Kami berharap bahwa pada H-14 Lebaran 2024, jalur Kudus ke arah Semarang dapat selesai, sementara jalur Semarang ke arah Kudus dapat terselesaikan pada H-10, mengingat kondisi yang memerlukan perbaikan lebih mendalam," ujarnya seperti yang dilansir dari laman resmi Kementerian PUPR pada Jumat (29/3/2024).

Mengenai penanganan dampak banjir ini, Komisi V DPR RI mengharapkan bahwa perbaikan jalan nasional tidak akan mengganggu arus mudik maupun balik Lebaran 2024. 

Keberlanjutan stabilitas jalan nasional dan pemenuhan standar pelayanan minimal pada jalan tol termasuk area istirahat juga menjadi fokus Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI.

Berdasarkan data Semester II Tahun 2023, tingkat keberlanjutan jalan di Jateng mencapai 96,73 persen.

Komisi V DPR RI berharap agar angka ini dapat ditingkatkan, mengingat Jateng merupakan jalur utama bagi pergerakan masyarakat, terutama saat arus mudik Lebaran. Keselamatan, keamanan, dan pelayanan prima selama arus mudik/balik Lebaran merupakan prioritas utama yang harus diberikan oleh negara kepada masyarakat. 

"Kami berharap agar Kementerian PUPR terus melakukan upaya preventif untuk memastikan kelancaran Mudik Lebaran 2024," pungkasnya.

***

tags: #jalur pantura #demak #kudus #lebaran #pupr

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI