Selama Libur Lebaran, Car Free Night Malioboro Ditiadakan

rekayasa lalu lintas untuk Malioboro akan disesuaikan dengan situasi. 

Selasa, 02 April 2024 | 19:06 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Yogyakarta – Satlantas Polresta Yogyakarta telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di Jalan Malioboro menjelang Lebaran 2024. Langkah ini diambil mengingat Jalan Malioboro merupakan salah satu destinasi wisata ikonik Kota Gudeg.

Kompol Maryanto, Kasatlantas Polresta Yogyakarta, menjelaskan bahwa rekayasa lalu lintas untuk Malioboro akan disesuaikan dengan situasi. 

BERITA TERKAIT:
Selama Libur Lebaran, Car Free Night Malioboro Ditiadakan
Malam Tahun Baru, Pemprov DKI Adakan Car Free Night
Geliatkan Ekonomi Masyarakat, Sragen Kembali Buka Car Free Day

"Apabila arus lalu lintas lancar, maka akses menuju Malioboro dapat dilakukan langsung dari arah Mataram, Kleringan, dan Abu Bakar Ali," ungkap Maryanto pada hari Selasa, tanggal 2 April 2024.

Lebih lanjut, jika kondisi lalu lintas padat, maka akan diberlakukan pengalihan lalu lintas. Pengalihan dimulai dari Gardu Anim dengan arah menuju Jalan Pasar Kembang.

Tujuan dari langkah ini adalah untuk mengendalikan volume kendaraan, sehingga akses ke Malioboro hanya melalui satu jalur, yaitu melalui Jalan Mataram.

Maryanto juga menjelaskan bahwa kegiatan Car Free Night yang biasanya dilaksanakan setiap hari pukul 18.00 hingga 21.00 akan dihentikan sementara pada H-5 dan H+5 Lebaran. Ini merupakan kebijakan untuk mengatur lalu lintas di area tersebut.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, menyampaikan bahwa pihaknya telah meminta kepada Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta untuk berkoordinasi dengan tim saber pungli guna mencegah parkir liar. Dia berharap koordinasi tersebut dapat mengantisipasi masalah parkir liar di wilayah tersebut.

"Kami telah menginstruksikan kepada Dinas Perhubungan dan Tim Saber Pungli untuk mengantisipasi masalah parkir, sehingga kita dapat menghindari masalah di masa mendatang," kata Raharjo.

***

tags: #car free night #malioboro #polresta yogyakarta #lebaran

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI