Pemkot Surakarta Gelar Pasar Murah Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Adapun salah satu komoditas yang disediakan yakni beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan.

Rabu, 03 April 2024 | 06:02 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Solo - Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, menggelar pasar murah jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Gerakan Pangan Murah ini digelar di Kompleks Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2024).

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Peternakan Kota Surakarta Eko Nugroho Isbandijarso menerangkan bahwa pihaknya melibatkan sejumlah distributor besar di daerah tersebut untuk menyukseskan acara ini. Adapun salah satu komoditas yang disediakan yakni beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dari Bulog.

BERITA TERKAIT:
Pemkot Surakarta Gelar Pasar Murah Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah
Pedagang Daging Anjing di Solo Diminta Jualan yang Lain
Sebanyak 112 Unit RTLH di Solo Ditargetkan Dapat Bantuan Tahun Ini
Pemkot Surakarta segera Buka Taman Balekambang untuk Umum
Pemkot Surakarta Edukasi Warga soal Larangan Konsumsi Daging Anjing

"Selain itu, kami juga melibatkan Perumda Pergudangan dan Aneka Usaha (PAU) Pedaringan dan kelompok wanita tani serta pengolah ikan," katanya, Selasa

Pihaknya juga melibatkan Rajawali Nusindo serta PPI. Ia mengatakan distributor-distributor tersebut menyediakan komoditas pokok seperti telur ayam, minyak goreng, gula pasir, dan beras medium lokal.

"Untuk harganya lebih rendah dari harga pasar. Total yang kami sediakan kali ini untuk beras SPHP sebanyak 5 ton, minyak goreng 500 liter, gula pasir 500 kg, telur ayam 500 kg, beras medium lokal 1 ton, dan ada daging ayam beku," katanya.

Ia mengatakan khusus pembelian beras SPHP yang harganya Rp52.000/5 kg hanya untuk warga ber-KTP Surakarta.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Surakarta Budi Murtono mengatakan Gerakan Pangan Murah ini dilakukan serentak secara nasional.

"Harapannya ini jadi media untuk mengendalikan harga gapokting. Harapannya kegiatan ini juga bisa jadi satu bagian untuk mengendalikan harga dan mengendalikan inflasi," katanya.

Ia juga berharap acara tersebut dapat terus terlaksana di jelang momentum penting untuk mengendalikan harga di pasaran.

***

tags: #pemkot surakarta

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI