Bantu Kebutuhan Masyarakat Jelang Lebaran, Pemkab Sragen Gelar Bazar Pangan Murah

Kegiatan ini juga didukung oleh bazar aneka pangan murah hasil UMKM Kecamatan Kedawung.

Rabu, 03 April 2024 | 07:56 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Sragen -  Pemerintah Kabupaten Sragen melaksanakan agenda Gerakan Pangan Murah (GPM) di Balai Desa Wonokerso Kecamatan Kedawung, Senin (1/4/224). Kegiatan GPM dibuka secara serentak dalam rangka melaksanakan Apel Siaga Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Jelang Idul Fitri 2024 melalui daring yang diikuti seluruh Kabupaten/Kota.

Gerakan Pangan Murah di daerah dilaksanakan melalui Dinas yang manangani urusan pangan di 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota yang tujuannya untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan (SPHP) menjelang hari raya dan memastikan ketersediaan pangan yang cukup bagi masyarakat.

BERITA TERKAIT:
Bantu Kebutuhan Masyarakat Jelang Lebaran, Pemkab Sragen Gelar Bazar Pangan Murah
Apresiasi Seniman Cilik, Disdikbud Boyolali Gelar Pameran Lukisan Pelajar “Tresno Boyolali”
Pemkab Klaten akan Salurkan Bantuan 370 Ton Gabah ke Masyarakat
Rapat Paripurna DPRD Purbalingga Bahas Rekomendasi LKPJ Bupati 2019

Kepala Desa Wonokerso, Suparno mengapresiasi kegiatan Gerakan Pangan Murah di wilayahnya. Ia mengucap syukur atas bantuan pangan yang disediakan dengan harga relatif miring.

"Kami mengundang warga melalui Ketua RT masing-masing sesuai dengan bantuan pangan sebesar 300 paket sembako. Saya Informasikan kepada masyarakat agar datang ke Balai Desa karena ada bazar murah. Atas nama Pemerintah Desa saya mengahaturkan terimakasih telah menyediakan kebutuhan pokok murah untuk warga Desa Wonokerso,” ucapnya dikuti dari laman resmi Pemkab Sragen, Rabu.

Penelaah Teknis Kebijakan Bidang Ketahanan Pangan Dinas KP3 Kabupaten Sragen Novi’ah Retno Edi mengatakan, untuk mendukung Gerakan pasar murah secara serentak, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (KP3) Kabupaten Sragen mengadakan bazar pangan murah bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (BULOG) Cabang Surakarta.

“ (Kegiatan ini) menyediakan 300 paket sembako yang dalam satu paket berisi beras 5 kg, gula 1 kg, dan minyak goreng 1 liter  dengan harga per paket Rp 81 ribu,” tuturnya.

Dia menambahkan selain 300 paket sembako pihaknya juga menyediakan fasilitas distribusi (fasdis) berupa telur yang dijual dibawah harga pasar dengan mensubsidi harga telur Rp 2 ribu/kilogram. Jadi harga produsen difasilitasi dengan harga jual Rp 22 ribu/kilogram. Mengingat harga telur dipasaran saat ini adalah Rp 26 ribu.

Disamping pasar sembako murah, kegiatan ini juga didukung oleh bazar aneka pangan murah hasil UMKM Kecamatan Kedawung diantaranya Aneka Keripik RH menjual makanan ringan seperti olahan keripik,  Yayuk Yaco Prima Jaya menjual nata de coco, wedang uwuh, jahe instan dll, KWT Wiji Rolas dan Gapoktan Sumber Rejeki  menjual hasil olahan pertanian.

Bu Sri, salah satu ibu rumah tangga warga dukuh brambang, mengaku senang saat membeli telur harganya lebih murah dari biasanya. Ia juga berniat membeli paket sembako yang dibandrol seharga Rp 81 ribu. Ia berharap pemerintah lebih sering mengadakan pasar murah yang dianggap dapat meringankan beban pengeluaran terutama disaat Lebaran.

***

tags: #pemkab #sragen #pasar murah #lebaran

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI