Kementerian KLHK Minta Pemda Perhatikan Sampah Pemudik

KLHK memprediksi bahwa dari 197 juta orang yang akan mudik, berpotensi menghasilkan sekitar 58 ribu ton sampah

Minggu, 14 April 2024 | 12:17 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengungkapkan bahwa pemantauan pengelolaan Sampah selama periode mudik Lebaran sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah daerah.

"Dilakukan oleh pemerintah daerah. Beberapa daerah telah melaporkan kondisi pemantauan mereka, contohnya Kota Malang," kata Direktur Penanganan Sampah KLHK, Novrizal Tahar, saat dihubungi pada Jumat (12/4).

BERITA TERKAIT:
Kementerian KLHK Minta Pemda Perhatikan Sampah Pemudik
Pemkab Sragen Gelar Aksi Bersih Negeri Serentak Tahun 2024
Sampah dari Indonesia Terombang-ambing di Laut Berlayar Sampai ke Afrika 
KLHK: Kenaikan Suhu di Indonesia Rata-rata 1,1 Derajat Celsius, Bencana bisa Terjadi
Manfaatkan Sampah Rumah Tangga, Ibu-ibu di Sukoharjo Belajar Budidaya Maggot

Melalui Surat Edaran Menteri KLHK Nomor 5 Tahun 2024 tentang pengendalian Sampah di Hari Raya Idul Fitri 2024, pemerintah daerah diminta untuk mengendalikan Sampah secara serius selama Idul Fitri.

"Telah disampaikan kepada Gubernur, Bupati, dan Wali Kota untuk mengambil langkah strategis. Kami meminta penambahan jumlah petugas untuk mengelola Sampah, terutama selama periode libur Lebaran 2024," ujar Novrizal Tahar.

KLHK memprediksi bahwa dari 197 juta orang yang akan mudik, berpotensi menghasilkan sekitar 58 ribu ton Sampah dalam waktu dua minggu, sehingga pemerintah daerah harus mengambil langkah strategis untuk mengendalikan Sampah demi menjaga lingkungan dan mewujudkan program Mudik Minim Sampah.

Pemerintah juga harus menyadari bahwa lonjakan pemudik berpotensi menimbulkan masalah Sampah baru, terutama di rest area dan tempat wisata.

Untuk memperkuat koordinasi tata kelola Sampah selama periode mudik 2024, KLHK telah meminta agar program Mudik Minim Sampah menjadi bagian integral Program Mudik Nasional, sehingga dapat meningkatkan kesadaran pengurangan Sampah secara bersama-sama.

Dalam upaya mengurangi jumlah Sampah selama periode mudik, penting bagi operator transportasi dan pihak terkait lainnya untuk menyediakan infrastruktur pendukung agar Sampah tidak terbuang sembarangan. Sementara kepada para pemudik, diimbau untuk merayakan Idul Fitri dan mudik 2024 dengan penuh keceriaan serta tetap menjaga kebersihan lingkungan.

***

tags: #klhk #sampah #pemudik

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI