Harga Tempe di Kabupaten Magelang Selama Lebaran Stabil

Selain tempe, harga tahu saat lebaran juga stabil.

Kamis, 18 April 2024 | 06:15 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Mungkid- harga kebutuhan pokok termasuk salah satunya lauk pauk mengalami kenaikan yang signifikan selama perayaan Hari Raya Idulfitri. Kondisi tersebut selalu membuat galau ibu-ibu untuk mengatur pemenuhan kebutuhan. 

Meski begitu, disejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Magelang harga tempe sangat stabil. Di momen lebaran tahun ini, tempe sebagai makanan bergizi harganya tak ikut bergejolak.

BERITA TERKAIT:
Sepyo Achanto Lepas Kafilah MTQ Kabupaten Magelang
Peringati Hari Otonomi Daerah, Pj Bupati Magelang Bacakan Arahan Mendagri
BPBD Kabupaten Magelang Jadi Salah Satu Narasumber di Rakornas PB 2024
Medina Sepyo Achanto Buka Orientasi TPK
Diskominfo Kabupaten Magelang Rintis Desa Digital

Hal itu terlihat di Pasar Bandongan,  harga tempe variatif antara Rp 2500 sampai Rp3 ribu per batang. Meski berdasarkan catatan Portal Sehati milik Dinas Perdagangan Kabupaten Magelang harga tempe di Pasar Bandongan per batang adalah Rp8 ribu. Tentu saja, perbedaan harga itu tidak menjadi masalah karena harga tempe memang variatif. 

"Ono rego ono rupo. Tergantung kondisi barangnya. Ada yang besar ada yang kecil. Ada yang enak, ada yang biasa-biasa,"  jelas mbah Hayati, yang sedang berbelanja di Pasar Bandongan pada Rabu (17/4).

Lebih jauh, Nenek 4 cucu itu menyebut harga tempe jarang berubah. "Pas hari prepegan lebaran itu ada kenaikan sedikit. Tetapi rata-rata sepanjang 2024 harganya sama bahkan sama  dengan tahun 2023. Harga tempe hanya berubah saat menghadapi kenaikan harga bahan  baku yaitu kedelai," ungkapnya.

Meski dikatakan hanya tempe yang harganya stabil selama lebaran, tetapi berdasar catatan harga Sehati Magelang ada beberapa jenis lauk yang juga stabil harganya sepanjang waktu, diantaranya tahu Rp 6 ribu/10 potong,  Ikan kembung Rp40 ribu per kg dan ikan asin teri Rp50 ribu.

***

tags: #kabupaten magelang #harga kebutuhan pokok #tempe #pasar tradisional

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI