Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Umumkan Pemenang Seleksi Buku Cerita Anak

seratus buku terpilih segera diupayakan untuk mendapatkan ISBN

Jumat, 26 April 2024 | 20:00 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang -- Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Seleksi Buku Cerita Anak Jawa-Indonesia Berbasis Komunitas sejak bulan Januari—Maret 2024.  Telah terjaring 434 Buku Cerita Anak jenjang B-1 yang diperuntukkan bagi siswa umur 6— 8 tahun. Kegiatan tersebut melibatkan  172 penulis, 193 penerjemah, 184 ilustrator, dan 153 penyunting yang tergabung dalam komunitas penulis-penerjemah di Jawa Tengah.  

“Animo masyarakat Jawa Tengah untuk terlibat dalam kegiatan ini sungguh luar biasa. Kegiatan ini merupakan upaya nyata Balai Bahasa dalam pelestarian bahasa Jawa, penerjemahan karya sastra, sekaligus pengembangan literasi di kalangan siswa, guru, dan masyarakat,” ujar Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin, M.Hum.,
melalui rilisnya pada Jumat 26 April 2024. 
 
Syarifuddin mengatakan bahwa pihaknya berharap minat masyarakat Jawa Tengah dalam kegiatan penulisan dan penerjemahan ini terjaga dan semakin berkembang pada tahun-tahun mendatang.  Pada tahun 2024 ini pengembangan diri menjadi tema yang paling banyak dipilih oleh penulis, disusul oleh tema alam dan lingkungan, seni dan budaya, tokoh, pariwisata, ekonomi kreatif, sains, dan matematika. 

BERITA TERKAIT:
Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Ajak Pelajar SMP di Pemalang Menulis Geguritan
BBPJT Menerima Kunjungan 395 Siswa dan Guru MAN Demak
BBPJT Kenalkan Realitas Berimbuh Negara Poci di Festival dan Pameran Merdeka Belajar 
BBPJT Gerakkan Komunitas Literasi di Rembang
Siswa Juara FTBI Jateng Berangkat ke Jakarta Ikuti FTBI Nasional

“Selain itu, berpikir kritis, kreatif, dan cinta lingkungan menjadi fokus karakter yang paling banyak diangkat oleh penulis dalam cerita mereka. Selain tema dan fokus karakter, seleksi ini juga menilai isi cerita, penerjemahan, dan ilustrasi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi Buku Cerita Anak, Kahar Dwi Prihantono, M.S., menyatakan bahwa juri yang terlibat dalam kegiatan ini adalah praktisi cerita anak dan peneliti cerita anak di JawaTengah. Seratus buku terbaik telah dipilih dan komunitas penulis-penerjemah akan mendapatkan hadiah 8 juta rupiah dikurangi pajak.

“Kami berharap dan mengundang para anggota komunitas penulis-penerjemah, ilustrator, dan penyunting di Jawa Tengah untuk terus berkarya dan mengakses pengumuman seleksi melalui laman dan media sosial Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah,” ungkap Kahar.

Kahar menuturkan bahwa seratus buku terpilih segera diupayakan untuk mendapatkan ISBN dan segera diunggah melalui laman perpustakaan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Harapannya, buku-buku tersebut dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. 

“Daftar pemenang Seleksi Buku Cerita Anak Jawa-Indonesia Berbasis Komunitas dapat dibaca di laman Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah atau https://drive.google.com/file/d/1l6jxVW7gXay8Bih3UNMOteDzzZ_KGtiY/view,” tambahnya.

***

tags: #balai bahasa provinsi jawa tengah #umumkan pemenang #buku cerita anak

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI