Peringati Hari Tari Sedunia, Bupati Said Dorong Jadikan Boyolali Berbudaya

Peringatan Hari Tari Sedunia dilakukan di tiga tempat terpisah.

Minggu, 28 April 2024 | 14:42 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Boyolali - Bupati Boyolali M. Said Hidayat mengapresiasi terselenggaranya Pasar Seni yang dimulai sejak kemarin, Jumat (26/4/2024). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka Peringatan Hari Tari Sedunia.

Pada kesempatan itu, Bupati Said menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba Boyolali Kaya Cerita Short Film Festival tahun 2024. Peserta merupakan siswa siswi pelajar tingkat SMP dan SMA serta Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Boyolali.

BERITA TERKAIT:
Peringati Hari Tari Sedunia, Bupati Said Dorong Jadikan Boyolali Berbudaya
Peringati Hari Tari Sedunia, Pemkab Boyolali Gelar Seni Tari di Sejumlah Titik
Peringati Hari Tari Sedunia, Boyolali Gelar Parade Tari Selama 18 Jam Nonstop

Pada kesempatan yang sama, Bupati Boyolali juga melaunching Buku Boyolali Kaya Cerita dan Boyolali Kaya Seni yang akan menambah kekayaan literasi di Dinas Arpus Kabupaten Boyolali.

Orang nomor satu di Pemkab Boyolali itu pun menyampaikan rasa bangganya kepada para Duta Seni yang telah melakukan misi kebudayaan ke Nusantara.

"Tentunya ini semua upaya kita untuk mendorong menjadikan Boyolali berbudaya tanpa meninggalkan nilai-nilai seni dan budaya, tetapi kita punya catatan-catatan tentang kekayaan muatan lokal kita, semakin banyak buku semakin banyak literasi kita," ungkap Said dilansir dari laman resmi Pemkab Boyolali, Minggu.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali, Supana menambahkan bahwa Pasar Seni tersebut diramaikan oleh 50 stand kesenian dari berbagai bidang seperti seni musik, seni lukis, seni kriya, seni teater, seni sastra, dan seni tari.

Sedangkan Peringatan Hari Tari Sedunia dilakukan di tiga tempat terpisah yakni Alun-alun Pancasila, Cepogo , Balai Sidang Mahesa (Dome) dan Alun-alun Pengging sejak pukul 06.00-24.00 WIB. Masing-masing tempat diadakan pentas tari selama enam jam dengan melibatkan 50 sanggar tari dan 800 orang penari.

"Dengan kita peringati Hari Tari ini paling tidak ikut berpartisipasi untuk melestarikan tari itu sendiri, yang kedua juga memberi ruang untuk berekspresi, beraktualisasi bagi para seniman terutama seniman tari di Boyolali yang luar biasa." katanya.

Ditambahkan Supana, hari ini juga dilaunching Buku Boyolali Kaya Cerita sebanyak 42 judul sebagai lanjutan karya sebelumnya pada tahun 2023, sehingga tahun 2024 ini sudah mencapai 103 judul. Selain itu, dilaunching pula Buku Boyolali Kaya Seni yang mengulas tentang 66 kelompok seni yang ada di Boyolali, baik itu seni musik, seni tari, dan seni teater.
 

***

tags: #hari tari sedunia #bupati boyolali #disdikbud kabupaten boyolali

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI