Masuk Championship, LIB Gelar Sosialisasi VAR ke Bali United

PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menerapkan VAR mulai babak championship series BRI Liga 1 2023/24.

Jumat, 03 Mei 2024 | 08:51 WIB - Olahraga
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Gianyar- Kompetisi BRI Liga 1 2023/24 telah merampungkan fase regular series. Sebanyak empat klub telah dipastikan meraih tiket ke babak empat besar atau championship series. Salah satunya yaitu Bali United FC.

Bali United tercatat telah dua kali menjuarai Liga 1 pada musim 2019 dan 2021/22 itu menjadi klub ketiga yang memastikan diri lolos ke babak championship series. Laskar Serdadu Tridatu menyandang predikat peringkat ketiga di Bawah Borneo FC Samarinda dan Persib Bandung.

BERITA TERKAIT:
Skuat Madura United Antusias Ikuti Sosialisasi VAR
PT LIB Siapakan VAR Mobile untuk Dukung Championship Series BRI Liga 1
Masuk Championship, LIB Gelar Sosialisasi VAR ke Bali United
PSSI dan PT LIB Terus Lakukan Persiapan Jelang Diterapkannya VAR
Erick Thohir Sebut VAR Belum Bisa Diterapkan pada Piala Dunia U-20 di Indonesia

Dengan demikian Bali United akan menjadi satu dari empat klub pertama di Indonesia yang akan merasakan video assistant referee (VAR). Namun, sebelum menggunakan VAR di babak empat besar nanti, Laskar Serdadu Tridatu terlebih dahulu mendapatkan sosialisasi implementasi VAR.

Acara sosialisasi tersebut berlangsung di Bali United Training Centre, di kawasan Pantai Purnama, Bali, pada Kamis (2/5) siang. Program itu, diikuti antusias oleh para personel klub mulai dari pemain, pelatih, hingga ofisial Bali United.

"Sosialisasi yang diberikan tadi cukup jelas. Mudah-mudahan saat dipakai nanti bisa berjalan dengan baik. Wasit juga manusia yang bisa salah. Pemain dan pelatih juga bisa salah. Saya pikir dengan adanya VAR, saat ada kesalahan di lapangan bisa membantu mengoreksi," kata Pelatih Bali United Stefano 'Teco' Cugurra.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menerapkan VAR mulai babak championship series BRI Liga 1 2023/24. Namun sebelum digunakan di kompetisi resmi, LIB terlebih dahulu menjalankan program sosialisasi ke klub-klub kontestan championship series. Tujuannya agar seluruh perangkat yang ada di klub memahami aturan main mengenai penggunaan VAR.

"Sebagai 'barang baru' di sepak bola Indonesia, tentu saja segala aspek harus dipersiapkan agar saat implementasi nanti berjalan lancar. Tak terkecuali pemain, pelatih, dan ofisial yang akan berhadapan langsung dengan VAR di lapangan," ujar Direktur Operasional LIB, Asep Saputra.

***

tags: #var #bri liga 1 #bali united #pt liga indonesia baru

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI