Raih Penghargaan Global Business Magazine, Pertamina Makin Kukuhkan Komitemennya Kembangkan UMKM

RB Pekanbaru telah menjalankan beberapa Innovation Program, SME Event dan Millenials Program.

Jumat, 10 Mei 2024 | 21:28 WIB - Ekonomi
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Pekanbaru- PT Pertamina (Persero) semakin mengukuhkan positioningnya sebagai BUMN yang berkomitmen penuh terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pertamina melalui Rumah BUMN Pekanbaru, berhasil menyabet penghargaan Recognized Institution with The Category as The Best SME & Community Development Indonesia 2024, versi Global Business Magazine, perusahaan publikasi asal Timur Tengah.

Penghargaan itu diberikan kepada seluruh inovator bisnis, pegiat pasar, dan pemimpin di dunia, dimana Pertamina melalui Rumah BUMN Pekanbaru menjadi satu-satunya pemenang. Informasi penghargaan ini diumumkan melalui website resmi Global Business Magazine, Selasa (08/05).

BERITA TERKAIT:
Raih Penghargaan Global Business Magazine, Pertamina Makin Kukuhkan Komitemennya Kembangkan UMKM
Nicke Widyawati Resmi Buka Pertamina Goes to Campus 2024 di ITB
Selama Libur Lebaran, Pelita Air Catat On Time Performance 95 Persen
28 UMKM Terima Hibah Teknologi Tepat Guna dari Pertamina
Dorong Target Penurunan Emisi 2060, Pertamina Turut Berpartisipasi di Gerakan Penanaman 100 Ribu Pohon

Rumah BUMN Pekanbaru menjadi satu-satunya entitas asal Indonesia yang memperoleh apresiasi Global Business Magazine ini, dimana Rumah BUMN Pertamina di Pekanbaru dinilai telah memberikan pendampingan kepada UMKM di Pekanbaru, dan juga telah mengimplementasikan program-program unggulannya kepada komunitas, melalui pendekatan terhadap Environment (lingkungan), Social (sosial), dan Governance (tata kelola) atau ESG.

CFO Rumah BUMN (RB) Pekanbaru, Erwandi Yanto, mengungkapkan bahwa penghargaan itu merupakan apresiasi atas kontribusi RB Pekanbaru sebagai TJSL PT Pertamina (Persero), untuk pengembangan UMKM wilayah Provinsi Riau.

“Ketika kerja keras membuahkan hasil, kami tentu semakin terpacu untuk lebih memberikan yang terbaik bagi para UMKM. Karena pencapain program-program yang kami dapatkan, tak lepas dari peran para pelaku usaha yang telah melahirkan ide-ide kreatif untuk dapat menghasilkan produk yang berkualitas,” kata Erwandi.

Selama ini, menurut Erwandi, RB Pekanbaru telah menjalankan beberapa Innovation Program, SME Event dan Millenials Program. Seperti : Karya Nyata Festival Vol. 6, untuk penyelenggaraan Bazar UMKM, RB Energy (Renewable Energy), melakukan inovasi limbah rumah tangga menjadi energi baru, dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), yang dimanfaatkan untuk rumah produksi UMKM. Selain itu, RB Millenials Ambassador dalam hal pendampingan UMKM oleh generasi Z dan millenials, serta program kemandirian energi maupun operasional Rumah BUMN Pekanbaru.

“Terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan, Penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk terus menciptakan terobosan guna kemajuan UMKM di provinsi Riau khususnya UMKM binaan RB Pekanbaru, terimakasih juga kepada Pertamina yang telah memberikan kepercayaan sekaligus dukungan kepada kami, untuk mendampingi UMKM memulai langkah kecil, hingga ke kancah nasional dan internasional,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, CEO Rumah BUMN Pekanbaru, Dian Pratomo menyampaikan, penghargaan tersebut menjadi penyemangat untuk bisa terus kreatif menciptakan program-program baru bagi kemajuan UMKM. 

“Kami ucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan kepada RB Pekanbaru, kami dari Rumah BUMN Pekanbaru selalu berkomitmen dalam mendampingi dan membantu UMKM untuk semakin naik kelas," ucapnya.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso juga mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Global Business Magazine kepada Pertamina. Menurutnya Pertamina konsisten untuk membantu UMKM untuk naik kelas.

“Penghargaan ini tentunya tidak hanya sebagai wujud konsistensi atas apa yang sudah Pertamina lakukan saat ini kepada UMKM binaannya, tapi juga sebagai motivasi agar kedepannya bisa terus menjadikan UMKM tangguh dan mandiri,” ucap fadjar.

Pertamina telah secara aktif memberikan pendampingan dan pelatihan terhadap UMKM di 30 Rumah BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia. "Langkah ini merupakan upaya Pertamina untuk membekali UMKM dalam menghadapi persaingan global agar siap dan mampu bersaing, sehingga produknya bisa diterima masyarakat luas,” tutup Fadjar.

***

tags: #pt pertamina (persero) #usaha mikro kecil dan menengah #rumah bumn #pekanbaru

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI