Dihelat Gratis, Puluhan Ekor Hewan Kesayangan Berhasil Divaksin dan Disteril

Dalam dua hari penyelenggaraan, acara yang didukung pula oleh Brady Hunter Fondation ini, terdapat puluhan pemilik anabul mengantre untuk skrining awal hewan kesayangannya.

Senin, 13 Mei 2024 | 13:47 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang- Menyadari vaksin dan sterilisasi hewan kesayangan atau anabul (anak bulu) makin jadi kebutuhan untuk kesejahteraan dan kesehatan hewan, maka masyarakat pecinta anabul berbondong ke klinik hewan untuk divaksin atau disteril.

Hal tu terlihat di Animal Center Drh. Nugroho Semarang. Pada Jumat dan Sabtu 10 - 11 April 2024, diselenggarakan vaksinasi anjing dan kucing dan sterilisasi secara gratis.

BERITA TERKAIT:
Dihelat Gratis, Puluhan Ekor Hewan Kesayangan Berhasil Divaksin dan Disteril
19 Events Adakan Jakarta Pet Expo, Pameran Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan

"Sedemikian pentingnya sterilisasi pada hewan kesayangan, maka Animal Center perlu berkolaborasi dengan PDHI dan Let's Adopt Indonesia (LAI) untuk mempromosikan  kesehatan hewan terutama di komunitas pet. Di acara itu kami membagikan viitamin untuk peserta," kata drh. Ezell Imanto Nugroho, mewakili  Animal Center, Senin 13 Mei 2024.

Ditemui terpisah Carolina Fajar, Head of Operation Let's Adopt Indonesia (LAI), sebuah lembaga nirlaba untuk kesejahteraan hewan kecil yang bermarkas di Jakarta, mengatakan vaksin sangat perlu guna membentengi hewan kesayangan dari semua penyakit. "sterilisasi penting untuk menjaga populasi dengan menekan angka kelahiran," kata Carolina.

Dalam dua hari penyelenggaraan, acara yang didukung pula oleh Brady Hunter Fondation ini, terdapat puluhan pemilik anabul mengantre untuk skrining awal hewan kesayangannya. Dalam dua hari hanpir 100 ekor anjing dan kucing terlayani. "Karena hewan yang akan divaksin atau disteril harus sehat. Kami tidak membatasi jenis anjing atau kucing, yang pasti memenuhi persyaratan usia, minimal 6 bulan," lanjut Carolina.

Tim dokter yang menangani adalah drh. Erlna Susanti dan Drh. Didi Riyanto. "Saya merasa senang ada acara vaksin dan sterilisasi gratis seperti ini, karena kalau harus berbayar kan mahal juga," kata  salah satu pemilik pet.

Acara ini hasil kolaborasi Let's Adopt Indonesia (LAI), Animal Center Drh. Nugroho, PDHI Jateng I dan Dispertan Kota Semarang. "Semarang adalah kota kedua setelah Jakarta pekan lalu," tutup Carolina Fajar.

***

tags: #hewan kesayangan #kota semarang #sterilisasi #kucing

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI