Kemenhub Tekankan Pentingnya PO Bus Lakukan Uji Berkala

PO bus yang tak berizin tetapi mengoperasikan kendaraannya akan dikenakan pidana.

Senin, 13 Mei 2024 | 13:39 WIB - Purbalingga
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Subang - Bus yang mengalami kecelakaan lalu lintas saat membawa rombongan SMK Lingga Kencana Depok tidak dilakukan uji berkala. Padahal, setiap kendaraan diharuskan melakukan uji berkala setiap enam bulan sekali.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Hendro Sugiatno menekankan pentingnya setiap Perusahaan OtoBus (PO) melakukan uji berkala armada.

BERITA TERKAIT:
Seorang Penumpang Ojol Tewas usai Terlibat Kecelakaan dengan Bus
Perlunya Investigasi Kecelakaan di Jalan
Seorang Mitra Pengemudi Maxim Di Semarang Terima Santunan dari YPSSI
Hendak ke Demak, Bus Pariwisata Muat Siswa Asal Purworejo Kecelakaan di Semarang
Truk Bermuatan Es Krim Terguling di Tol, Diduga Sopir Ngantuk

Menurut Hendro, Bus Trans Putera Fajar tercatat tidak memiliki izin angkutan dan status lulus uji berkala (BLU-e) berlaku hingga 6 Desember 2023. Artinya, kendaraan itu tidak melakukan uji berkala perpanjangan setiap enam bulan sebagaimana yang ada di dalam ketentuan.

"Kami meminta agar setiap PO Bus secara rutin melakukan uji berkala pada kendaraannya sesuai dengan yang tercantum pada Permenhub Nomor PM 19 Tahun 2021 tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor, telah dinyatakan bahwa uji berkala (KIR) wajib dilakukan oleh pemilik," ungkap Hendro Sugiatno dalam keterangannya dikutip pada Senin ()13/5/2024)

"Bagi kendaraan yang telah beroperasi tentunya secara berkala yakni setiap 6 (enam) bulan wajib dilakukan uji berkala perpanjangan," sambungnya.

Hendro berpesan, jika pada saat awal keberangkatan kendaraan dirasa ada yang tidak sesuai atau tidak benar, diimbau agar tidak memaksakan perjalanan.

"Untuk PO Bus yang tak berizin tetapi mengoperasikan kendaraannya akan dikenakan pidana dan pihaknya menyerahkan kasus tersebut kepada pihak kepolisian untuk menindaklanjuti proses hukumnya," jelasnya.

***

tags: #kecelakaan #bus #subang #uji berkala

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI