Gunung Ibu Kembali Erupsi, Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 5.000 Meter

Letusan menghasilkan kolom abu berwarna kelabu pada pukul 13.54 WIT.

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:52 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Maluku - Gunung Ibu yang terletak di Maluku Utara kembali mengalami erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 5.000 meter dari puncak gunung berapi tersebut. erupsi yang terjadi pukul 13.54 WIT itu menghasilkan kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.
 
Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan menuturkan erupsi itu mengeluarkan dentuman dan gemuruh yang terdengar sampai ke pos pengamatan Gunung Ibu.

"erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi sementara lebih kurang 4 menit 43 detik," katanya, Rabu.
 
Gunung Ibu yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut (mdpl) kini berstatus Siaga atau Level III sejak 8 Mei 2024. PVMBG meningkat status gunung api bertipe strato itu akibat peningkatan aktivitas vulkanik dan kegempaan.
 
Pada 11 Mei 2024 Gunung Ibu sempat mengalami letusan besar yang melontarkan lava pijar sekitar satu kilometer dari pusat erupsi dan kolom abu vulkanik kurang lebih setinggi 4.000 meter. erupsi itu juga menciptakan fenomena badai petir vulkanik di atas puncak gunung.
 
Selang dua hari kemudian pada 13 Mei 2024 letusan besar kembali terjadi dan menghasilkan kolom abu vulkanik setinggi lebih kurang lima kilometer.
 
PVMBG merekomendasikan penduduk di sekitar Gunung Ibu agar tidak beraktivitas mendaki dan mendekati gunung itu dalam radius tiga kilometer dan perluasan sektoral berjarak lima kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif.

BERITA TERKAIT:
Pagi ini, Gunung Ibu Kembali Erupsi dengan Mengeluarkan Abu Vulkanik 600 Meter
Gunung Ibu Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Mencapai 2000 Kilometer
Gunung Ibu Kembali Erupsi, Lontarkan Lava Pijar Sejauh 700 Meter
Gunung Ibu Kembali Erupsi, Tinggi Letusan Mencapai 4.000 Meter
Gunung Ibu Kembali Erupsi, Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 5.000 Meter

Meski beberapa kali mengalami erupsi besar, namun tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu karena pemukiman penduduk berada di luar jarak rekomendasi tersebut.

***

tags: #gunung ibu #erupsi #maluku utara #meletus

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI