Gandeng LBH JMM, Lapas Brebes Gelar Penyuluhan Hukum Bagi Tahanan

Sebelum penyuluhan berakhir kegiatan diisi sharing.

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:58 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM,.Brebes - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes, Kanwil Kemenkumham Jateng menggandeng Lembaga Bantuan Hukum Jalan Menuju Matahari (LBH JMM) Kabupaten Tegal menggelar penyuluhan hukum bagi tahanan di aula blok hunian Lapas setempat , Sabtu (18/5/2024). 

Menurut Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Brebes, Isnawan melalui Kepala Seksi Bimbingan Narapidana Anak Didik dan Kegiatan Kerja, Oky Trisna Hananto, melalui penyuluhan ini semoga sangat bermanfaat bagi para tahanan yang sedang menjalani masa tahanan. 

BERITA TERKAIT:
Hasil Survei Badan Strategi Kebijakan Hukum dan HAM, Lapas Brebes Sabet Predikat Sangat Baik
Kerjasama dengan Poltek Harber, Lapas Brebes Gelar Pelatihan Instalasi Listrik Bagi Warga Binaan
Napiter di Lapas Brebes Jalani Pembebasan Bersyarat
Pegawai Lapas Brebes Kenakan Pakaian Adat pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Kalapas Brebes: Senam Pagi Mampu Tingkatkan Disiplin dan Kebugaran dalam Bekerja

"Adanya Tim LBH Jalan Menuju Matahari dapat memfasilitasi mereka, baik konsultasi maupun pendampingan selama mengikuti proses peradilan,” ucap  Oky Trisna. 

Pada kesempatan tersebut, Koordinator Tim LBH Jalan Menuju Matahari menjelaskan salah satu tugas mereka adalah memberikan bantuan hukum bagi warga negara yang telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011.

“Tugas kami adalah memberikan bantuan hukum kepada setiap warga negara, tidak terkecuali bagi rekan-rekan sekalian yang saat ini berstatus tahanan di Lapas,” urainya.

Penyuluhan kemudian dilanjutkan oleh anggota tim lainnya  yang menjelaskan dalam pemberian bantuan hukum terdapat beberapa asas.

“Bantuan hukum dilaksanakan berdasarkan beberapa asas, yaitu keadilan, persamaan kedudukan dalam hukum, perlindungan terhadap Hak Asasi Manusia, keterbukaan, efisiensi, efektivitas, dan akuntabiltas,” jelasnya.

Sebelum penyuluhan berakhir, kegiatan diisi dengan sesi sharing. Salah satu tahanan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Tim LBH Jalan Menuju Matahari yang telah memberikan bantuan hukum dan konsultasi selama mengikuti proses peradilan.

“Terima kasih kepada Tim LBH Jalan Menuju Matahari yang telah membantu saya menjalani proses peradilan sehingga dapat mengikuti persidangan dengan baik,” pungkas salah satu tahanan.

***

tags: #lapas kelas iib brebes

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI