Kadaker Madinah Lepas Keberangkatan Jemaah Haji Menuju Makkah

Setibanya di Masjid Bir Ali, jemaah disambut petugas sektor khusus yang akan mengarahkan mereka turun dan masuk masjid untuk melakukan salat.

Senin, 20 Mei 2024 | 22:32 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Madinah- Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Ali Machzumi melepas keberangkatan jemaah haji asal embarkasi Jakarta-Pondok Gede kloter pertama (JKG-01), menuju Makkah Al-Mukarramah tepat pukul 06.00 Waktu Arab Saudi (WAS). 

Rombongan tersebut nantinya akan singgah terlebih dahulu di Masjid Bir Ali atau Dzulhulaifah selama kurang lebih 30 menit untuk mengambil miqat (niat umrah wajib). “Total ada 10 bus pertama yang berangkat tadi, terdiri dari jemaah haji JKG-01. Alhamdulillah proses pendorongan jemaah ke dalam bus berjalan lancar,” kata Ali, Senin (20/5/2024).

BERITA TERKAIT:
Garuda Indonesia Lakukan Penyesuaian, 46 Kloter Jemaah Haji Gelombang I Pulang dari Madinah
Fase Kepulangan Jemaah Haji, Kemenag Harap Tak Ada Keterlambatan Penerbangan
Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang Wafat 84 Orang
Jemaah Indonesia jalani operasi otak di Madinah
Menag Nilai Fase Pemberangkatan Jemaah Berjalan Lancar

Adapun jumlah jemaah JKG-01 yang diberangkatkan dari sektor 2 Madinah berjumlah 392 orang. “Ada 1 orang yang masih dirawat di KKHI Madinah. Menunggu pulih dulu, insya Allah nanti akan diberangkatkan ke Makkah untuk bergabung bersama jemaah lainnya,” sambungnya.

Sejak usai salat subuh, jemaah sudah memasuki bus dalam keadaan berihram. Mereka menerima konsumsi berupa menu selamat jalan yang dibagikan di dalam bus sebelum keberangkatan. 

Setibanya di Masjid Bir Ali, jemaah disambut petugas sektor khusus yang akan mengarahkan mereka turun dan masuk masjid untuk melakukan salat. Khusus jemaah lansia dan jemaah sakit, diimbau tidak turun dan melakukan salat sunah serta berniat umrah di dalam bus.

Hari ini sekitar 3.400 jemaah haji Indonesia akan bertolak dari Madinah menuju Makkah. Mereka tergabung dalam delapan kloter, yaitu JKG-01, JKG-02, JKS-01, JKS-02, BTH-01, PLM-01, SUB-01, dan UPG-01. Jadwal keberangkatan dibagi menjadi tiga slot time, yaitu pagi hari pukul 06.00 WAS sebanyak 1 kloter, siang hari pukul 14.00 WAS sebanyak 5 kloter, dan sore hari pukul 17.00 WAS sebanyak 2 kloter.

***

tags: #madinah #makkah #jemaah haji #embarkasi jakarta

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI