Lepas Kirab Tumpeng Raksasa, Pj Bupati Jepara Dorong Memeden Gadhu Jadi Ikon Budaya

Festival Memeden Gadhu merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan.

Senin, 20 Mei 2024 | 23:55 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jepara- Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta melepas kirab tumpeng raksasa di Desa Kepuk Kecamatan Bangsri, Senin (20/5/2024). Kirab ini menjadi bagian dari Festival Memeden Gadhu yang telah berlangsung sejak 17 Mei 2024 lalu.

Turut mendampingi Pj. Bupati, yakni Kepala Disparbud Moh. Eko Udyono, Kepala Diskominfo Arif Darmawan, Staf Ahli Bupati Jepara Rini Padmini, Camat Bangsri Deby Nifandrian dan sejumlah pimpinan perangkat daerah terkait.

BERITA TERKAIT:
Terima Tim Penilai, Pj Bupati Jepara Optimis Telukawur Juara Lomba Desa Tingkat Jateng
Pj Bupati Jepara Pimpin Upacara Hari Lingkungan Hidup dan Hari Lahir Pancasila
Lepas Keberangkatan, Pj Bupati Jepara Ingatkan Calon Jemaah Haji untuk Jaga Kesehatan
Lepas Kirab Tumpeng Raksasa, Pj Bupati Jepara Dorong Memeden Gadhu Jadi Ikon Budaya
Peringatan Hardiknas, Guru Diminta Hadirkan Proses Belajar Menyenangkan 

Edy Supriyanta mengapresiasi Festival Memeden Gadhu yang tahun ini  sudah memasuki edisi ke-15. Ia meminta agar budaya dan tradisi baik ini dilestarikan dan dikembangkan. Edy juga meminta dinas terkait untuk melakukan branding lebih baik lagi agar semakin dikenal okeh masyarakat luas. 

"Memeden Gadhu ini sudah berjalan 15 tahun dan perlu untuk dikembangkan terus. Kominfo saya minta untuk dibranding lagi agar semakin dikenal luas serta menjadi ikon budaya yang melekat. Tak hanya lekat dengan Desa Kepuk, namun juga lekat dengan Jepara dan bisa dikenal dimana-mana," ungkapnya.

Memeden Gadhu, lanjutnya,  juga harus siap tampil pada event atau gelaran budaya baik di tingkat lokal maupun nasional. "Untuk itu, mari kita kemas dengan sebaik mungkin dan semenarik mungkin. Lakukan inovasi dan kreasi baru namun tanpa meninggalkan pakem tradisi yang ada," jelasnya.

Festival Memeden Gadhu ini menjadi ungkapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas segala kenikmatan dan keberkahan yang diberikan kepada para petani. Filosofi  tradisi budaya ini perlu diperkenalkan kepada generasi muda agar lebih paham dan mengenal terhadap budaya dan kearifan lokal.

***

tags: #pj bupati jepara #edy supriyanta #kabupaten jepara #kearifan lokal

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI