Ada 3.000 Beasiswa Sawit dari Kementan, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

"Beasiswa ini dirancang untuk menghasilkan SDM unggul di bidang kelapa sawit.

Rabu, 22 Mei 2024 | 20:47 WIB - Didaktika
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun 2024 ini membuka seleksi beasiswa bagi 3.000 pemuda dan pemudi Indonesia guna mengenyam pendidikan perguruan tinggi untuk pengembangan sumber daya manusia perkebunan kelapa sawit. Kesempatan ini diberikan guna menciptakan SDM unggul dan berkualitas di sektor kelapa sawit.

Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Perkebunan Kementan Andi Nur Alam Syah seperti dikutip dari Antara, Minggu (14/4/2024). Andi menyampaikan, pemberian program bertajuk beasiswa SDM sawit 2024 tersebut merupakan kolaborasi antara Ditjen Perkebunan dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa sawit (BPDPKS).

BERITA TERKAIT:
Lulusan FK UNAIR Ini Lolos LPDP Harvard Medical School
Kemenag Segera Buka Program Beasiswa bagi 1.000 Santri
Gara-gara Isu Hubungan Istimewa dengan Sarwendah, Betrand Peto Terancam Kehilangan Beasiswa 
Musim Pendaftaran Kuliah, Hati-hati Penipuan Berkedok Beasiswa 
ITPLN akan Beri Beasiswa 110 Lulusan SMA/K Sederajat

Ia juga memastikan pendaftaran tidak dipungut biaya dan dibuka sejak 5 April 2024 lalu dan berakhir pada 24 Mei 2024. beasiswa diberikan khusus kepada mereka yang tertarik untuk terlibat langsung dalam industri sawit. Ribuan penerima beasiswa (awardee) nantinya dapat memilih salah satu dari 23 perguruan tinggi pertanian dan perkebunan di Indonesia.

Misalnya Politeknik Pembangunan Pertanian di Medan (Sumatra Utara) dan Manokwari (Papua Barat), Institut Teknologi sawit Indonesia, Politeknik Perkebunan Yogyakarta, hingga Politeknik Caltex Riau. Daftar lengkapnya dapat dilihat di beasiswasdmsawit.id/kampus-penerima-beasiswa.

Ke-23 perguruan tinggi tadi telah menyisihkan antara 30--90 kursi perkuliahan mereka bagi para penerima beasiswa. Bahkan Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta mendedikasikan dua jurusan mereka yaitu Pembibitan Kelapa sawit dan Pemeliharaan Kelapa sawit dengan daya tampung masing-masing 285 orang khusus bagi penerima beasiswa. Mereka menempuh pendidikan di kampus komunitas tersebut untuk kurun waktu satu tahun perkuliahan.

Fasilitas yang diberikan pemerintah kepada awardee nantinya berupa biaya transportasi dari rumah ke kampus pergi dan pulang, uang saku, uang buku, biaya pendidikan, magang di perusahaan kelapa sawit, sertifikasi kompetensi dan biaya wisuda. Ini merupakan tahun keempat Kementan dan BPDPKS memberikan beasiswa sejak 2021.

"beasiswa ini dirancang untuk menghasilkan SDM unggul di bidang kelapa sawit. Ini bukti komitmen pemerintah dalam mengembangkan SDM berkualitas di sektor perkelapasawitan di Indonesia. Para lulusannya diharapkan dapat membuat sektor ini lebih berkembang secara berkelanjutan," ucap Andi.

Secara total telah ada sekitar 3.660 orang lulus melalui program beasiswa ini untuk jenjang pendidikan Diploma Satu (D1) hingga Diploma Empat (D4) Strata Satu (S1). Ke depannya akan dibuka beasiswa untuk S2 dan S3. Andi berharap para penerima beasiswa ini ketika lulus dapat memberikan manfaat secara sosial dan ekonomi bagi masyarakat Indonesia.

Seperti dikutip dari website resmi program beasiswa ini di alamat www.beasiswasdmsawit.id, terdapat lima jalur pendaftaran beasiswa SDM sawit 2024 yaitu pekebun sawit dan keluarganya; karyawan pada usaha budidaya dan pengolahan hasil perkebunan sawit. Kemudian, keluarga karyawan pada usaha budidaya dan pengolahan sawit; pengurus dan anggota koperasi usaha budidaya, pengolahan, dan jasa perkebunan sawit. Terakhir adalah Aparatur Sipil Negara (ASN)/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Persyaratan Umum

Berikut ini adalah persyaratan umum untuk mendaftar ikut seleksi program beasiswa SDM sawit 2024 seperti dikutip dari website resminya. Seluruh yang diminta dipindai dengan format pdf atau jpg dan ukuran setiap file maksimal 2 megabita (MB).

1. Foto ukuran 4x6 dengan latar belakang warna biru.

2. Usia maksimal 23 tahun (Per 24 Mei 2024)

3. Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Surat Keterangan Domisili.

4. Kartu Keluarga (KK)

5. Akta Kelahiran/Surat Keterangan Lahir

6. Surat Keterangan Sehat dan Buta Warna dari fasilitas kesehatan resmi, ditandatangani oleh dokter dengan masa berlaku dua bulan sejak mendaftar.

7. Rapor/Laporan Hasil Penilaian Siswa atau Laporan Akhir Sekolah dari Semester 1--5 dengan nilai rata-rata minimal atau sama dengan 7. Bagi peserta dari Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan nilai rata-rata minimal atau sama dengan 6.

8. Ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL) Sekolah Menengah Umum/Kejuruan atau Ijazah Pendidikan Diploma bagi yang telah lulus program diploma.

9. Surat Keterangan Tidak Mampu/SKTM (jika ada).

10. Surat Keputusan Pengangkatan ASN/PPPK.

11. Surat Penugasan di Unit Kerja yang Membidangi Perkebunan Kelapa sawit (Khusus ASN/PPPK).

12. Surat Izin Belajar (Khusus ASN/PPPK).

13. Surat komitmen dari unit kerja asal untuk ditugaskan kembali setelah lulus pada bidang perkelapasawitan (Khusus ASN/PPPK).
 

Pendaftaran

Seluruh proses pendaftaran dilakukan secara daring atau online melalui halaman utama portal pendaftaran beasiswa SDMPKS 2024 di www.beasiswasdmsawit.id untuk mendapatkan ID dan PIN untuk Login. Jangan lupa untuk melengkapi seluruh berkas dan dokumen yang diminta sebelum diunggah pada website resmi pendaftaran. Status kelulusan administrasi juga hanya dapat dilihat di www.beasiswasdmsawit.id.

Saat mendaftar, calon pelamar beasiswa wajib memilih satu dari lima jalur pendaftaran seperti yang sudah ditetapkan. Selanjutnya, mengisi seluruh data diri, asal sekolah dan jurusan. Proses pengisian asal sekolah dan jurusan, harus diisi dengan benar, karena akan mempengaruhi banyaknya perguruan tinggi maupun program studi yang dapat dipilih.

Bagi pendaftar yang dinyatakan buta warna, maka tidak dapat memilih program studi agroteknologi, keteknikan dan kimia. Selanjutnya pendaftar mengisi perguruan tinggi serta program studi yang diminati. Pengumuman kelulusan seleksi administrasi dilakukan 2-3 hari setelah proses finalisasi data dilakukan.

Proses tes seleksi digelar secara daring pada 3 Juni 2024 hingga 4 Juli 2024. Pengumuman hasil seleksi diadakan pada 16 Agustus 2024 dan kuliah perdana dimulai saat September 2024. Untuk mengetahui keterangan lebih lengkap dapat mengunjungi portal resmi Program beasiswa SDM sawit 2024 di alamat www.beasiswasdmsawit.id atau bisa langsung mendatangi Panitia Bersama SDMPKS 2024 di Gedung C Kantor Kementerian Pertanian l. Harsono RM nomor 3 Ragunan, Jakarta Selatan atau di email [email protected].

***

tags: #beasiswa #sawit #kementerian pertanian

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI