Harga Minyakita akan Naik, Jadi Rp15.000 per Liter

Zulkifli Hasan juga menegaskan bahwa harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng rakyat atau MinyaKita sudah layak untuk dinaikkan.

Selasa, 28 Mei 2024 | 14:22 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta – Harga Eceran Tertinggi (HET) Minyakita akan mengalami kenaikan sebesar Rp1.500, naik dari sebelumnya Rp14.000 menjadi Rp15.500 per liter, demikian disampaikan oleh Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan. Pernyataan tersebut dilontarkan setelah acara penyerahan sertifikasi halal di Gedung Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu, Jakarta Timur, pada Selasa (28/5/2024).

Menurut Mendag, keputusan ini merespons panggilan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartato, untuk membahas kenaikan HET. "Iya kan belum rapat. Kalau ada rapat di Menko dan nanti ada undangan saya akan usulkan Rp1.500 naikknya jadi Rp 15.500 usulan ya," ungkap Mendag.

BERITA TERKAIT:
Dua Pria di Malang Jual Minyakita Ilegal, Raup Rp400 Juta Sebulan 
Harga Minyakita akan Naik, Jadi Rp15.000 per Liter
Masih Langka, BUMN Pangan Klaim Sudah Distribusikan 16,2 Juta Liter Minyakita 
Target Distribusi Februari 450 Ton, Zulhas Akui Masih Ada Hutang Distribusi Minyakita ke Pasaran
Kunjungi Semarang, Zulkifli Hasan Bagikan 300 Bungkus Minyakita 

Pada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.41/2022 tentang Tata Kelola Minyak Goreng Kemasan Rakyat, pemerintah telah mengatur agar pelaku usaha menjual Minyakita tidak melebihi HET sebesar Rp14.000 per liter. Namun, saat ini, HET Minyakita akan dinaikkan menjadi Rp15.500 per liter.

Mendag menjelaskan bahwa kenaikan HET Minyakita sudah menjadi keharusan, mengingat pemberlakuan HET minyak goreng tersebut sebesar Rp14.000 per liter telah berlangsung selama dua tahun. "Memang sudah waktunya untuk dinaikkan," terangnya.

Zulkifli Hasan juga menegaskan bahwa harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng rakyat atau Minyakita sudah layak untuk dinaikkan. "Kita memang akan bahas karena semua (harga) sudah naik, ya harus kita naikkan," kata Zulhas kepada media di Jakarta Utara, pada Senin (27/5/2024).

"(HET Minyakita) memang sudah layak naik ya kan udah dua tahun ya. Rp 15.000 atau Rp 15.500," tambahnya.

Perubahan terkait harga HET Minyakita akan dibahas dalam rapat mendatang bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Mendag berharap, pertemuan tersebut akan menghasilkan keputusan terkait HET Minyakita. "Mungkin beberapa waktu lagi. Tunggu nanti kalo ada rapat di Menko nanti kita bicarakan,” ungkap Zulhas.

Beberapa pekan sebelumnya, Mendag telah mengusulkan HET Minyakita sebesar Rp15.000 per liter, naik Rp1.000 dari HET saat ini yang sebesar Rp14.000 per liter. "Saya usulkan naik Rp1.000 (per liter Minyakita)," kata Zulhas kepada media di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Senin, 6 Mei 2024.

Penyesuaian harga Minyakita ini bertujuan untuk mengakomodasi biaya dari sisi kemasan. "Sedang didiskusikan untuk disesuaikan (harganya)," tegasnya.

***

tags: #minyakita #menteri perdagangan #zulkifli hasan #het

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI