Ribuan Umat Muslim Antusias Ikuti Sholawat Bersama di Alun-alun Klaten

Kegiatan Showanji dimulai dengan pembacaan dzikir dan tahlil.

Rabu, 29 Mei 2024 | 17:08 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Klaten – Ribuan Umat Muslim antusias mengikuti gelaran Sholawat dan Ngaji (Showanji) bersama Habib Ali Zainal Abidin Assegaf dari Pekalongan, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut digelar di Alun-alun Klaten pada Selasa (28/5/2024) malam. Tak hanya Umat Muslim dari wilayah Klaten, Showanji di Alun-alun Klaten juga dihadiri Umat Muslim dari Solo Raya dan sekitarnya.

Melansir laman resmi Pemkab Klaten, kegiatan Showanji dimulai dengan pembacaan dzikir dan tahlil serta dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Simtudduror. 

BERITA TERKAIT:
Ribuan Umat Muslim Antusias Ikuti Sholawat Bersama di Alun-alun Klaten
Ribuan Warga Antusias Ikuti Klaten Sholawatan Bersama Habib Zaidan
Bersholawat di Sarang Rembang, Habib Syekh Sampaikan Rasa Rindunya Pada Mbah Moen
Hadiri Sholawatan Habib Syech di Temanggung, Gus Yasin Diminta Pimpin Doa
Gelar Sholawatan, Masjid Agung Semarang Hadirkan Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf

Dalam kesempatan tersebut, melalui video rekaman Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan Showanji di wilayah Kabupaten Klaten.

Ia juga menyampaikan permintaan maaf lantaran tidak hadir secara pribadi, hal ini lantaran seyogianya Kapolda bersama jajaran dijadwalkan hadir dalam kegiatan tersebut.

“Kami mohon maaf karena hari ini kami tidak bisa mengikuti kegiatan ini, yang seyogianya saya hadir. Tentu dengan harapan peregangan dan penerangan bagi kita semua yang hadir untuk diberikan keselamatan di dunia dan akhirat,” tuturnya dalam video yang ditayangkan.

Sementara itu, Kapolres Klaten, AKBP Warsono, mengatakan Showanji merupakan kegiatan keagamaan yang diinisiasi oleh Polres Klaten berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten. Kegiatan yang digelar dari daerah ke daerah ini telah memasuki putaran ke-15.

“Kami melaksanakan Showanji ini bekerja sama dengan pemerintah daerah. Kegiatan Showanji di Alun-alun ini merupakan yang terbesar karena dihadiri Umat Muslim dari berbagai daerah,” ungkapnya.

Usai gelar sholawat dan pembacaan Maulid Simtudduror, acara dilanjutkan dengan tausiyah dari Ustad Kelik Gunawan Pribadi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Klaten, Sri Mulyani dan jajaran Pemkab Klaten.

Kegiatan Showanji ditutup dengan mahalul qiyam dan pembacaan doa oleh Habib Muhammad Zain Rifqi bin Ahmad Al Jailani.

***

tags: #sholawatan #klaten #umat muslim

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI