Rombongan Pengantar Jemaah Haji Demak Alami Kecelakaan di Tol Semarang-Solo

"Apa yang mereka lakukan hanyalah sebagai pengantar. Calon jemaah haji menggunakan bus yang difasilitasi oleh pemerintah untuk menuju Asrama Haji Donohudan di Boyolali.

Jumat, 31 Mei 2024 | 14:55 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang – rombongan pengantar jemaah haji asal Kabupaten Demak dilaporkan mengalami Kecelakaan di Kilometer 489 Jalan Tol Semarang-Solo pada hari Rabu (29/5/2024).

Afief Mundzir, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Demak, memastikan bahwa insiden tersebut tidak akan mengganggu jadwal keberangkatan calon jemaah haji.

BERITA TERKAIT:
Pajero Tabrak Truk Mogok di Tol Semarang-Batang, Mobil Terbelah 
Seorang Pemotor Tewas usai Terlibat Kecelakaan dengan Pesepeda
Rombongan Pengantar Jemaah Haji Demak Alami Kecelakaan di Tol Semarang-Solo
Dua Orang Tewas dalam Kecelakaan Lalu Lintas, Begini Kronologinya
Rem Blong, Minibus Rombongan Wisatawan dari Dieng Terguling di Jalan Menurun

Menurutnya, rombongan pengantar tersebut merupakan inisiatif dari masyarakat. Sedangkan para calon haji menggunakan bus yang disediakan oleh pemerintah dari Demak menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

"Apa yang mereka lakukan hanyalah sebagai pengantar. Calon jemaah haji menggunakan bus yang difasilitasi oleh pemerintah untuk menuju Asrama Haji Donohudan di Boyolali. Tidak ada calon jemaah yang ikut serta dalam rombongan pengantar," kata Afief.

Lebih lanjut, Afief menjelaskan bahwa mereka meminta masyarakat untuk hanya mengantar calon jemaah haji di dalam kota dengan jumlah yang terbatas. Selain itu, kendaraan yang digunakan juga harus aman dan layak.

"Namun, kadang-kadang keinginan masyarakat sulit untuk dibendung," tambahnya.

Afief menegaskan bahwa insiden yang melibatkan rombongan pengantar calon jemaah haji ini akan menjadi perhatian bagi masyarakat ke depannya.

"Kami, sebagai pemerintah, termasuk Kementerian Agama, TNI-Polri, akan memperhatikan hal ini bersama-sama," jelasnya.

Ketika ditanya tentang perkembangan jemaah haji asal Demak, Afief menjelaskan bahwa para jemaah telah mulai berangkat menuju Tanah Suci.

"Mereka mulai bergerak dari Asrama Haji pada pukul 10.45 WIB dengan kloter 65. Semua sudah berangkat dan menuju ke Tanah Suci," ungkapnya.

Sebagai informasi tambahan, terdapat 1.962 calon jemaah haji asal Demak yang terbagi dalam 7 kloter. Rabu (29/5/2024) merupakan keberangkatan terakhir dari Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Demak.

***

tags: #kecelakaan #kabupaten demak #rombongan #pengantar haji

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI