Lepas 751 Calon Jamaah Haji, Bupati Yuni Titip Doa untuk Kebaikan Kabupaten Sragen

Bupati mengingatkan kepada para jemaah agar tidak lupa mendoakan daerah dan mendoakan masyarakat Kabupaten Sragen.

Sabtu, 01 Juni 2024 | 05:04 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Sragen - Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati melepas sebanyak 751 jemaah calon jemaah Haji asal Bumi Sukowati ke Tanah Suci. Semua calon jemaah Haji  hadir pada acara Pamitan Haji yang digelar di Pendopo Sumonegaran, Rumah Dinas Bupati Sragen, Kamis (30/5/2024).

Keberangkatan 751 jemaah itu, dibagi menjadi 3 kloter, yaitu kloter 86, 87, dan 88. Kloter 86 sebanyak 242 Jemaah, kloter 87 sebanyak 355 jamaah dan kloter 88 sebanyak 154 jemaah. Ketiga kloter ini, akan mulai masuk di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Senin 3 Juni mendatang.

BERITA TERKAIT:
Calon Jemaah Haji Embarkasi Solo yang Wafat Bertambah Jadi 11 Orang
Alami Kecelakaan, Dua Calon Jemaah Haji asal Tulungagung Gagal ke Tanah Suci
Lepas Calon Jemaah Haji Kloter 87, Bupati Sragen: Semoga Berangkat Sehat Pulang Juga Sehat
Wapres Maruf Amin Sebut "Fast Track" Bagian Perlakukan Istimewa Saudi untuk Indonesia
Lepas 751 Calon Jamaah Haji, Bupati Yuni Titip Doa untuk Kebaikan Kabupaten Sragen

Dalam kesempatan itu, Bupati Yuni mengatakan haji itu ibadah yang memerlukan fisik yang sehat dan kuat. Untuk itu, Ia mengingatkan para calon haji untuk mengantisipasi cuaca panas selama di Tanah Suci agar selalu sehat dan bisa menjalankan ibadah haji dengan baik.

"Rukun Islam kelima ini merupakan ibadah yang memerlukan pengorbanan dan konsistensi bagi mereka yang melaksanakannya. Maka dari itu, sebelum berangkat, kunjungi sanak keluarga terdekat, saling bermaafan, kembali mantapkan niat, semoga menjadi haji yang mabrur," pesannya dikutip dari laman resmi Pemkab Sragen, Sabtu.

Bupati juga mengingatkan kepada para jemaah agar tidak lupa mendoakan daerah dan mendoakan masyarakat Kabupaten Sragen.

"Saya berpesan kepada para jama'ah calon haji, selama di Tanah Suci nantinya, untuk memperhatikan kesehatan. Yang tak kalah pentingnya lagi, para jema'ah agar tetap khusyuk dalam beribadah selama di Tanah Suci. Saya juga berharap kepada para jema'ah, ketika sudah berada di Tanah Suci Makkah, agar tidak lupa mendoakan daerah kita dan mendoakan Kabupaten Sragen agar lebih maju, sejahtera dan kondusif menjelang Pilkada 2024. Semoga senantiasa dilimpahkan rahmat dan keberkahan oleh Allah SWT, Aamiin," pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sragen, Ahmad Ulin Nur Hafsun mengatakan, jumlah calon haji di Sragen sebanyak 744 orang plus petugas haji daerah sebanyak tujuh orang sehingga totalnya ada 751 orang.

"Dari 744 orang calon haji itu jumlah calon haji perempuan lebih banyak dari yang laki-laki. Calon haji yang berangkat haji pada 2024 ini rata-rata sudah antre selama 12 tahun," lanjutnya.

Ulin mengungkapkan, tahun ini jemaah haji tertua berumur 90 tahun, atas nama Yoto Sumarno berasal dari Newung, Sukodono sedangkan termuda berusia 18 tahun, yakni Yasmita Nabila Wijaya, dari Sragendok, Sragen Wetan dan Fara Adelia Nastya, dari Pengkol, Tanon.

Sementara Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) yang ditugaskan oleh Bupati ada tujuh orang. Yakni Sekretaris Daerah (Sekda), dr. Hargiyanto, Kepala Disdikbud Sragen, Prihantomo, dan Camat Masaran, Suratman. Kemudian ada dua dokter, serta tokoh dari Muhammadiyah dan NU Sragen.

***

tags: #calon jemaah haji #bupati sragen #tanah suci

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI