Jokowi Tegaskan Indonesia akan Perjuangkan Kemerdekaan Palestina 

"Keaktifan kita di panggung internasional tidak menghalangi upaya kita untuk mencapai kemandirian ekonomi," tambahnya.

Sabtu, 01 Juni 2024 | 14:14 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Indonesia tetap konsisten dalam perjuangan untuk kemerdekaan segala bangsa, termasuk bangsa Palestina, serta dalam mempromosikan perdamaian dunia. Hal ini merupakan bagian dari komitmen Indonesia terhadap politik luar negeri bebas aktif.

"Demi saudara-saudara sebangsa dan se-Tanah Air, Indonesia berpegang teguh pada prinsip politik luar negeri bebas aktif, mengadvokasi kemerdekaan seluruh bangsa, termasuk kemerdekaan bangsa Palestina, serta mempromosikan perdamaian dunia," ungkap Presiden saat berpidato dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, yang diselenggarakan di Dumai pada Sabtu (1/6/2024).

BERITA TERKAIT:
Peringati Hari Anak Nasional, Presiden RI: Anak Harus Disiapkan Kepintaran dan Karakternya
Presiden RI Resmi Berhentikan Hasyim Asy'ari dengan Tidak Hormat
Regulasi dan Birokrasi RI Ruwet, Jokowi Geram 
Imbas PDN Diretas, Jokowi Evaluasi Menteri Budi
Jokowi Ultah ke-63, Ngantor seperti Biasa Saja dan Tak Ada Perayaan 

Jokowi juga menyoroti peran Indonesia yang semakin kokoh dalam kancah politik internasional. Hal ini tercermin dari kepemimpinan Indonesia dalam forum G20 yang berhasil, peran sebagai ketua ASEAN, serta partisipasi dalam World Water Forum yang baru-baru ini dilaksanakan.

"Keaktifan kita di panggung internasional tidak menghalangi upaya kita untuk mencapai kemandirian ekonomi," tambahnya.

Presiden menekankan bahwa di tengah tantangan global yang dipenuhi oleh ketidakpastian, krisis multidimensi, serta ketegangan geopolitik, Indonesia tetap teguh, stabil, dan bersatu. Dia mengungkapkan keyakinannya bahwa Pancasila tetap menjadi kompas bagi bangsa Indonesia, didukung oleh modal sosial, kearifan budaya, sumber daya manusia, dan sumber daya alam yang melimpah di negeri ini.

"Oleh karena itu, kita harus selalu optimis, terus memperkuat kemandirian kita, dan terus maju dalam bidang ekonomi," tegas Jokowi.

***

tags: #jokowi #palestina #kemerdekaan #presiden joko widodo

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI