Biden Ungkap Rencana Gencatan Senjata, Israel Tetap Serang Rafah

tak lama setelah pengumuman Biden, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan negaranya akan melanjutkan perang

Minggu, 02 Juni 2024 | 10:29 WIB - Internasional
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Rafah - Pasukan Israel terus menyerang Rafah di Gaza dengan tank dan artileri. Serangan ini dilakukan beberapa jam setelah Presiden AS Joe Biden mengatakan Israel menawarkan peta jalan baru menuju gencatan senjata penuh.

Dilansir AFP, Minggu (2/6/2024), tak lama setelah pengumuman Biden, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan negaranya akan melanjutkan perang sampai tuntas.

BERITA TERKAIT:
Biden Ungkap Rencana Gencatan Senjata, Israel Tetap Serang Rafah
Tingkatkan Hubungan Bilateral, Menhan RI-AS Teken Pengaturan Kerja Sama Pertahanan
Selain Minta Hentikan Konflik di Gaza, Jokowi Juga Ajak AS Berkontribusi Ciptakan Perdamaian Dunia
Tiba di Gedung Putih Amerika, Jokowi Ajak Joe Biden Hentikan Konflik di Gaza
Tiba di Washington DC, Presiden Jokowi Segera Temui Joe Biden di Gedung Putih

"Kondisi Israel untuk mengakhiri perang tidak berubah: penghancuran kemampuan militer dan pemerintahan Hamas, pembebasan semua sandera, dan memastikan bahwa Gaza tidak lagi menjadi ancaman bagi Israel," ujar Netanyahu.

Sementara itu, Hamas "memandang secara positif" rencana gencatan senjata penuh seperti yang diumumkan Biden.

Dalam pidatonya, Biden mengatakan ada tawaran gencatan senjata yang terdiri dari tiga tahap oleh Israel. Tahap pertama akan dimulai dengan pasukan Israel menarik diri dari seluruh wilayah berpenduduk di Gaza dalam 6 minggu.

Rencana tersebut juga akan mencakup "pembebasan sejumlah sandera" sebagai imbalan atas "ratusan tahanan Palestina" yang ditahan di penjara-penjara Israel.

Israel dan Palestina kemudian akan bernegosiasi untuk gencatan senjata penuh. Gencatan senjata akan terus berlanjut selama pembicaraan antara pihak Israel dan Palestina masih berlangsung.

Biden mendesak Hamas menerima tawaran Israel. "Sudah waktunya perang ini berakhir, dan hari berikutnya dimulai," katanya.

***

tags: #joe biden #benjamin netanyahu #israel #rafah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI