WA Wabup Grobogan Diretas, Kirim Pesan Minta Uang

Bila ada yang mempunyai kontak WhatsApp saya lalu menerima chat permintaan uang atau diarahkan membuka aplikasi undangan pernikahan dan lain-lain, mohon diabaikan saja.

Minggu, 02 Juni 2024 | 15:46 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Grobogan - Nomor WhatsApp (WA) Wakil Bupati Grobogan, dr. Bambang Pujiyanto, M.Kes, alias Totok, diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Nomor WA Totok mengirim file APK (Android Package Kit) ke banyak kontak sekitar pukul 02.12 WIB, Jumat (31/5).

Sejumlah wartawan di Kabupaten Grobogan juga mengaku menerima pesan berisi undangan file APK tersebut. Salah satunya dikirim ke nomor WA wartawan Kedaulatan Rakyat. Mengetahui nomor WA-nya diretas, Totok segera mengonfirmasi hal tersebut.

BERITA TERKAIT:
Wabup Kendal Soroti Pernikahan Dini Jadi Faktor Utama Stunting
WA Wabup Grobogan Diretas, Kirim Pesan Minta Uang
Wabup Sudono Lepas Keberangkatan 225 Calhaj Asal Purbalingga
Hingga April Kasus DB Masih Tinggi, Wabup Purbalingga Ajak Semua Pihak Terapkan PSN
Sudono Buka Kegiatan Manasik untuk Calon Jemaah Haji Purbalingga

“Bila ada yang mempunyai kontak WhatsApp saya lalu menerima chat permintaan uang atau diarahkan membuka aplikasi undangan pernikahan dan lain-lain, mohon diabaikan saja. Nomor WhatsApp saya telah diretas (hacking) oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Saat ini akun WhatsApp saya sedang dalam pemeliharaan dan perbaikan,” jelas Totok.

Totok juga mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dan tidak merespons jika menemui kejadian serupa di kemudian hari.

Sebagai informasi, mengunduh dan memasang aplikasi berekstensi APK ke ponsel berisiko tinggi. Aplikasi tersebut dapat disusupi malware yang dapat mencuri data-data pribadi, termasuk informasi rekening bank dari akun M-Banking yang terinstal di ponsel masing-masing.

***

tags: #wakil bupati #grobogan #diretas #whatsapp

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI