Antisipasi Kemacetan, Presiden Minta Pemkot Siapkan Transportasi Umum

Jokowi meminta perencanaan pembangunan kota disusun secara detail.

Rabu, 05 Juni 2024 | 07:00 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Balikpapan - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada pemerintah kota (Pemkot) untuk mengantisipasi potensi kemacetan yang diperkirakan meluas dalam kurun 10 hingga 20 tahun mendatang. Terkait hal itu, Kepala Negara meminta pemkot segera mempersiapkan layanan transportasi massal.

"Karena kalau tidak, 10-20 tahun yang akan datang, semua kota akan macet. Nggak percaya? Kita lihat nanti, kalau nggak kota-kota siap dan menyiapkan diri mengenai transportasi massalnya," kata Jokowi di depan para wali kota se-Indonesia yang hadir pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2024, di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa.

BERITA TERKAIT:
Polisi Sebut Tujuh Tersangka Kasus Pembunuhan Vina Cirebon Sempat Ajukan Grasi
Dampingi Kunjungan Presiden, Bupati Yuni Pastikan Proyek APBN untuk Sragen Sesuai Jadwal
Presiden RI Dijadwalkan Lakukan Kunjungan Kerja ke Klaten Hari Ini
Sampaikan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H, Presiden RI: Berkurban Ekspresi Syukur atas Berkah Allah SWT
Presiden Salurkan Hewan Kurban di Salah Satu Ponpes Boyolali

Jokowi meminta perencanaan pembangunan kota disusun secara detail untuk mewujudkan kawasan yang layak huni (lifeable) dan dicintai (loveable) oleh para penghuninya.

Presiden tidak ingin situasi kawasan perkotaan di Indonesia berubah menjadi mencekam akibat pengaruh lonjakan jumlah pengangguran dan tunawisma.

"Jangan sampai kita memiliki kota yang sekarang ini banyak terjadi di Eropa maupun di Amerika, kota-kota yang mencekam, karena penganggurannya banyak, karena homeless-nya banyak, dan kita tidak ingin itu terjadi di negara kita Indonesia," katanya.

kemacetan lalu lintas menjadi salah satu persoalan kota yang disorot Jokowi dalam agenda tersebut, sebab mulai menyergap hampir sebagian kota besar di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga mengonfirmasi perihal kemacetan lalu lintas kepada Wali Kota Balikpapan, Wali Kota Surabaya, Wali Kota Bandung, dan Wali Kota Medan.

Mereka yang dikonfirmasi Presiden, seluruhnya membenarkan situasi kemacetan yang menyergap arus lalu lintas kendaraan di wilayah setempat.

"Kita melihat sekarang ini sudah banyak kota-kota di negara kita itu sudah mulai macet. Oleh sebab itu, rencana kota mengenai transportasi massal, transportasi umum, itu harus disiapkan," katanya.

Presiden berharap perencanaan tata ruang kota yang didesain secara detail dapat menghadirkan hunian kota yang layak dan dicintai warganya.

"Kita ingin menjadikan semua kota itu lifeable, nyaman dihuni, dan juga yang lovable, orang yang berkunjung ke sana senang ingin kembali berkunjung, dan orang yang tinggal di situ juga sangat mencintai kotanya, karena kotanya memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakatnya," katanya.

***

tags: #presiden #kemacetan #transportasi umum #antisipasi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI