Calvin Verdonk Resmi Jadi WNI, Erick Thohir Apresiasi Semua Pihak

Verdonk telah menjadi perhatian penonton sepak bola Indonesia sejak bulan Maret 2024 lalu. Hal itu dibuktikan dengan Verdonk berfoto bersama Shin Tae-young. 

Rabu, 05 Juni 2024 | 11:55 WIB - Olahraga
Penulis: - . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Jakarta - Ketua umum PSSI Erick Thohir memberikan kabar gembira bahwa Calvin Verdonk telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Selasa (4/5/2024). 

Verdonk telah menjadi perhatian penonton sepak bola Indonesia sejak bulan Maret 2024 lalu. Hal itu dibuktikan dengan Verdonk berfoto bersama Shin Tae-young. Dugaan ini ternyata benar, PSSI memang berniat menaturalisasi pemain NEC Nijmegen tersebut. Proses naturalisasi sudah dilakukan pada bulan April lalu. 

BERITA TERKAIT:
Dalam Waktu Dekat Jens Raven akan Ambil Sumpah WNI
DPR Setujui Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven Jadi WNI 
Calvin Verdonk Resmi Jadi WNI, Erick Thohir Apresiasi Semua Pihak
34 WNI Tak Miliki Visa Haji Pulang ke Indonesia, Tiga Orang Diproses Hukum
Sebanyak 59 WNI Diduga Gunakan Visa Haji Palsu

Selain itu, Erick Thohir mengapresiasi kerja keras semua pihak yang telah bekerja sama dalam agenda tersebut.

Ketika Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar rapat paripurna. Salah satu agendanya yaitu membahas pemberian status WNI

Hasilnya, Calvin Verdonk mendapat dukungan menjadi WNI. Setelah itu proses naturalisasi sang bek akan dilanjutkan dengan surat Keputusan Presiden (Keppres). 

Terakhir, Calvin Verdonk harus menjalani pengambilan sumpah di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Proses itu akhirnya sudah tuntas dan pemain 27 tahun itu sah menjadi WNI. Erick Thohir, melalui laman akun Instagramnya mengumumkan mengenai tuntasnya proses naturalisasi Calvin Verdonk menjalani proses pengambilan sumpah. Calvin Verdonk juga langsung dibuatkan KTP Indonesia. Demikian juga Paspor WNI.

"Alhamdulillah Calvin Verdonk sudah resmi menjadi WNI setelah pengambilan sumpah. Setelah proses pengambilan sumpah, Calvin juga langsung membuat KTP dan paspor Indonesia," tulisnya.

Namun sayang, Erick Thohir kemudian mengumumkan, Calvin Verdonk sekarang belum bisa langsung membela Timnas Indonesia saat melawan Filipina karena masih butuh persetujuan dari FIFA lebih dahulu.

"Masih butuh satu langkah lagi, yaitu persetujuan FIFA untuk Calvin bisa membela Timnas Indonesia. Terima kasih untuk Bapak Presiden Joko Widodo, Ketua DPR RI, Pimpinan Komisi III DPR RI, Pimpinan Komisi X DPR RI, Menpora dan Menkumham yang selalu memberikan dukungan untuk sepak bola Indonesia semakin maju," ungkapnya.

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #wni #erick thohir #naturalisasi #calvin verdonk

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI