Sejumlah warga binaan dengan asyik membaca buku yang dipinjamnya dari mobil keliling Dinarpus Kabupaten Brebes saat berada di Lapas Kelas IIB Brebes, Rabu (5/6/2024). Foto. Eko S/Kuasakata.com

Sejumlah warga binaan dengan asyik membaca buku yang dipinjamnya dari mobil keliling Dinarpus Kabupaten Brebes saat berada di Lapas Kelas IIB Brebes, Rabu (5/6/2024). Foto. Eko S/Kuasakata.com

Gandeng Dinarpus, Lapas Brebes Peduli Minat Baca Warga Binaannya

Warga binaan Lapas Brebes memiliki minat baca yang tinggi.

Rabu, 05 Juni 2024 | 20:55 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes, Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah terus berupaya untuk memberdayakan dan peduli terhadap semua potensi warga binaannya guna mengisi rutinitas keseharian mereka. Salah satunya diwujudkan dengan kegiatan menyediakan buku bacaan bagi warga binaan. Dalam rangka menumbuhkembangkan minat baca dan kepedulian Lapas Brebes terhadap warga binaannya, diwujudkan melalui Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Brebes

Saat mobil keliling Dinarpus tiba di Lapas Brebes, sejumlah warga binaan tampak berbondong-bondong menghampirinya dan melihat judul buku yang diminatinya untuk dipinjam dan dibacanya  di aula blok hunian lapas setempat, Rabu (5/6/2024). 

BERITA TERKAIT:
Gandeng Dinarpus, Lapas Brebes Peduli Minat Baca Warga Binaannya
Jaga Keamanan Bersama Libur Panjang, Polres Brebes Sambangi Lapas
Kalapas Brebes Hadiri Penandatanganan Pakta Integritas 2024
Sapa Warga Binaan, Pj Bupati Kunjungi Lapas Brebes
Lapas Brebes Sabet Dua Penghargaan dari KPPN Tipe A1 Tegal

Selain melaksanakan pembinaan kemandirian kepada warga binaan, Lapas Brebes juga melakukan optimalisasi dalam meningkatkan minat baca warga binaan dengan menyediakan perpustakaan di dalam lapas. Hal ini dilakukan agar warga binaan tidak bosan dan dapat membaca buku dengan judul yang berbeda-beda.

“Alhamdulillah warga binaan kita memiliki minat baca yang sangat tinggi dengan hadirnya layanan perpustakaan keliling ini. Sehingga, dapat membantu dalam penyediaan bahan bacaan yang berkualitas bagi mereka,” ucap KaLapas Brebes, Isnawan. 

Dalam hal ini, Dinarpus Kabupaten Brebes melalui dua orang pegawainya berkesempatan hadir bertemu langsung dengan warga binaan untuk membantu memfasilitasi kegiatan membaca baik untuk peminjaman bahan bacaan ataupun membantu mencari referensi yang dibutuhkan oleh warga binaan.

“Kami senang hadir disini untuk membantu, agar teman-teman semua dapat mengisi hari-harinya dengan membaca sehingga bisa menambah pengetahuan,” kata Pegawai Dinas Arsip dan Perpustakaan

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik dan kegiatan Kerja (Kasi Binadik dan Giatja), Oky Trisna mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya yang telah dilaksanakan oleh Dinarpus Kabupaten Brebes.

“Saya mewakili Lapas Brebes mengucapkan banyak terima kasih dan semoga kedepannya kegiatan ini dapat terus terlaksana,” pungkas Oky.

***

tags: #lapas brebes #warga binaan #minat baca #dinas arsip dan perpustakaan #kabupaten brebes

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI